Pandji Pragiwaksono Meminta Negara Adil Memperlakukan Tio Pakusadewo

Abdul Rahman Syaukani | 7 Juni 2018 | 13:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap Tio Pakusadewo terkesan tidak adil karena aktor kawakan tersebut dituntut hingga 6 tahun penjara. Padahal Tio sudah dari awal mengakui perbuatannnya dan menyesal.

Ketidakadilan di mata awam semakin terlihat ketika tuntutan terhadap Tio Pakusadewo dibandingkan dengan tuntutan terhadap Jennifer Dunn atau Fachry Albar yang cuma dituntut dalam hitungan bulan.

Pandji Pragiwaksono meminta negara harus  berlaku adil kepada Tio Pakusadewo. "Negara harus bersikap adil kepada Om Tio," ucap Pandji Pragiwaksono.

Di matanya, Tio Pakusadewo bukan sekedar aktor kawakan Indonesia dengan segudang prestasi, tapi Tio juga merupakan seorang budayawan yang berkontribusi besar untuk bangsa dan negara.

"Om Tio itu bukan hanya seniman yang luar biasa. Secara reputasi kayaknya Indonesia enggak perlu lagi dikasih tahu soal reputasi beliau. Tapi beliau juga seorang budayawan. Kayaknya Indonesia lupa deh bahwa beliau pernah bikin film yang mencoba mereka ulang pidato Bung karno pada saat Bung Karno memperkenalkan gagasan Pancasila. Itu bukan sembarang orang bisa kayak gitu," paparnya.

Meski terkesan membela Tio Pakusadewo, Pandji Pragiwaksono menegaskan dirinya tidak membenarkan tindakan penyalahgunaan narkoba. Yang dia sesalkan, korban narkoba seperti Tio Pakusadewo yang dipermalukan negara. Padahal seharusnya yang dipermalukan, kata Pandji, adalah pengedar atau bandar narkoba.

(man / wida)

Penulis : Abdul Rahman Syaukani
Editor: Abdul Rahman Syaukani
Berita Terkait