Mudik Lebaran 2018: Jalur Pantura Tegal - Brebes Ramai Lancar

TEMPO | 9 Juni 2018 | 10:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Seminggu jelang Idul Fitri, arus mudik dari Jakarta mulai memasuki wilayah Jawa Tengah. Namun, arus lalu lintas di Jalur Pantura Tegal-Brebes terpantau ramai lancar.

Pantauan Tempo pada Jumat malam, 8 Juni 2018, peningkatan arus lalu lintas di Jalur Pantura belum meningkat terlalu tajam. Padahal, sebelumnya diprediksi gelombang arus mudik mulai bergerak mulai Jumat malam.

Di pertigaan Brebes Timur atau Brexit, tak ada antrean pemudik dari dalam tol. Begitu pula di perbatasan Brebes-Tegal pengemudi bebas memacu kendaraannya hingga lebih dari 60 kilometer per jam.

Di Terminal Kota Tegal belum tampak upaya dari kepolisian untuk mengalihkan arus lalu lintas ke jalan lingkar utara (Jalingkut). Tahun lalu, di momen yang sama, kendaraan dari arah barat dialihkan ke jalan lingkar. Sementara itu, di Perempatan Maya Kota Tegal juga demikian. Kepolisian setempat belum menerapkan rekayasa lalu lintas.

Lancarnya arus mudik pada H-7 lebaran di Pantura ini diduga karena imbas dibukanya Tol Brebes-Pemalang. Tol yang digunakan fungsional itu dibuka sejak Jumat pagi, 8 Juni 2018, oleh Kapolda Jawa Tengah, Irjen Condro Kirono. Tol tersebut juga bisa tembus sampai Semarang.

Kepala Satlantas Polres Brebes AKP Rikha Zulkarnain membenarkan arus mudik saat ini belum mengalami peningkatan tajam. “Kalau di Brebes masih lancar-lancar saja,” kata Rikha kepada Tempo.

Tol fungsional Brebes-Pemalang yang dibuka hingga malam, kata dia, cukup membantu kelancaran arus lalu lintas di wilayahnya. Kendati demikian pihaknya terus memantau pergerakan pemudik agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di Brexit seperti tahun lalu.

“Kami sudah siapkan rekayasa lalu lintas. Jika terjadi kemacetan di Gerbang Tol Kertasari, Kabupaten Tegal, kendaraan akan dikeluarkan ke Jalur Pantura lewat Tol Brexit,” ujar Rikha.

MUHAMMAD IRSYAM FAIZ

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait