Antisipasi Puncak Arus Balik Lebaran 2018, Menhub Bagi Tugas dengan Kapolri

TEMPO | 19 Juni 2018 | 15:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berbagi tugas dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam mengantisipasi arus balik Lebaran 2018. Menteri Budi Karya mengatakan upaya koordinasi ini dilakukan untuk memastikan semua fungsi pendukung kelancaran arus mudik berjalan dengan baik. "Kalau siap siaga kita lakukan full ya, bahkan kita akan bagi tugas antara Kemenhub dengan Polri," ujar Budi dalam keterangan tertulis yang diterima Tempo, Senin, 18 Juni 2018.

Budi Karya mengatakan, dalam pembagian tugas itu Tito akan bersiaga di kawasan Cikopo. Sementara Budi akan berkeliling ke seluruh titik arus balik untuk memastikan tidak adanya kepadatan di sana. Budi juga memastikan semua pihak, misalnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Pertamina, dan Jasa Marga, siap mendukung kelancaran arus balik ini. "Hari ke hari ini (kami-) hanya melihat gadget untuk memastikan bahwasanya fungsi masing-masing stakeholder berlangsung dengan baik," kata Budi.

Pada Senin 18 Juni 2018 kemarin, Budi Karya kembali meninjau kesiapan prasarana jalur darat di sejumlah titik di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Ia memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada besok sampai lusa. Selain itu Menhub juga menyebut peningkatan kepadatan kendaraan akan mulai terjadi pada sore ini. “Kalau saya lihat hari ini belum maksimal, sepertinya (puncak arus balik) akan terjadi 19-20 Juni tapi saya tetap mengimbau warga agar pulang sekarang karena masih sepi atau pulang saja setelah 20 Juni,” kata Budi seusai melakukan tinjauan udara ke Jembatan Kalikutho, Jawa Tengah.

Menteri Budi Karya mengatakan, berdasarkan hasil pantauannya, arus lalu lintas khususnya di sekitar Jembatan Kalikutho masih landai. "Masih satu-dua mobil, tapi setelah kita pantau dari atas di Kalikutho, ada suatu antrian yang tidak signifikan, katakanlah mungkin 1 kilometer, karena di Kalikutho sebagian warga masuk ke Jembatan Kalikutho, sementara sebagian lagi masuk ke jalur nasional,” ujar dia. Selain melakukan peninjauan udara rencananya Budi juga akan meninjau kesiapan di sejumlah titik rest area di ruas tol mulai dari Batang hingga Cikopo.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait