Piala Dunia 2018: Nigeria Tekuk Islandia, Argentina Berpeluang Lolos ke 16 Besar

TEMPO | 23 Juni 2018 | 06:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Nigeria membuka peluang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 setelah berhasil mengalahkan Islandia 2-0 dalam pertarungan Grup D di Volgograd Arena, Volgograd, Rusia, Jumat malam WIB.

Kedua gol tim asuhan Gernot Rohr itu diborong Ahmed Musa pada menit ke-49 dan 75.

Nigeria sejak awal memasang para pemain terbaiknya, termasuk Onyinye Wilfred Ndidi, Kelechi Iheanacho, Ahmed Musa, John Obi Mikel, dan Victor Moses. Mereka pun terlihat lebih dominan dalam penguasaan bola ketimbang Islandia yang menurunkan Gylfi Sigurdsson, Alfred Finbogasson, Birkir Bjarnason dan sang kapten Aron Gunnarsson.

Dari statistik pertandingan, NIgeria mendapatkan 57 persen penguasaan bola berbanding 43 persen milik Islandia.

Islandia yang mengandalkan pertahanan rapat dan permainan terpola, mampu menahan permainan cepat dan bertenaga dari Nigeria di babak pertama. Namun pada menit ke-49 pemain CSKA Moskow, Ahmed Musa, mampu mengubah keadaan, setelah memanfaatkan umpan lambung Victor Moses.

Pada menit ke-75, Musa kembali membuat penggemar Nigeria yang memadati Volgograd Arena bergemuruh. Lewat aksi "solo run" dari sisi kanan pertahanan Islandia yang diakhiri tendangan keras ke arah gawang Halldorsson dan mengubah kedudukan 2-0 untuk Nigeria.

Islandia sempat memiliki peluang untuk mengejar ketertinggalan pada menit ke-83. Mereka mendapat hadiah penalti setelah Tyronne Ebuehi melakukan pelanggaran pada Alfred Finnbogason. Namun, Gylfi Sigurdsson yang dipercaya menjadi eksekutor penalti, gagal mencetak gol karena tendangannya melambung di atas mistar gawang Francis Uzoho.

Hasil ini jadi keuntungan bagi Argentina, yang baru dikalahkan Kroasia 3-0. Kini peluang tim Tango untuk lolos, menyusul Kroasia, masih terbuka. Mereka mengemas nilai 1, sama dengan Islandia, dan tertinggal 2 poin dari Nigeria.

Pada laga terakhir, Argentina akan melawan Nigeria. Sedangkan Islandia akan menghadapi Kroasia. Argentina akan lolos bila mereka bisa menang atas Nigeria dan pada laga lain Islandia gagal meraih poin penuh. Bila Argentina dan Islandia sama-sama menang, maka akan dilakukan hitung-hitungan selisih gol antara kedua tim.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait