Nurul Arifin Gagal dalam Pemilihan Wali Kota Bandung

TEMPO | 6 Juli 2018 | 15:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mantan bintang film terkenal Nurul Arifin yang kini jadi politikus Partai Golkar kalah dalam Pemilihan Wali Kota Bandung. Hasil penghitungan suara yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum, Nurul Arifin yang berpasangan dengan Chairyl Y Hidayat memperoleh 310.418 suara.

Perolehan suara Nurul Arifin dan pasangannya kalah dari pasangan inkumben Oded M Danial-Yana Mulyana yang meraup 634.682 suara pemilih di Kota Bandung. Hasil itu ditetapkan KPU Kota Bandung dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tingkat Kota Bandung Kamis malam, 5 Juli 2018. "Berjalan lancar sesuai prosedur. Dari rencana dua hari bisa selesai sehari," kata Ketua KPU Kota Bandung Rifqi Alimubarok, Jumat, 6 Juli 2018.

Rapat pleno KPU Kota Bandung merekapitulasi hasil penghitungan suara yang disampaikan Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan se-Kota Bandung. Hasilnya, pasangan calon nomor urut 1, yaitu Nurul Qomaril Arifin dan Chairul Yaqin Hidayat memperoleh 301. 418 suara. Sedang pasangan calon nomor urut 2, yakni Yossi Irianto dan Aries Supriyatna, mendapat 330.730 suara dukungan. Dan pasangan calon nomor urut 3 yaitu Oded Mohamad Danial dan Yana Mulyana menggaet suara terbanyak dari 634.682 orang pemilih.

Suara sah dalam rekapitulasi hasil penghitungan Pilwalkot Bandung 2018 sebanyak 1.266.830 suara. Jumlah yang tidak sah 39.042 suara. Dari 1,6 jutaan pemilih dalam daftar tetap di Kota Bandung, kata Rifqi, yang menggunakan hak suaranya sebanyak 1,3 juta-an orang. Hasil rekapitulasi penghitungan Pilkada Serentak di Kota Bandung ini ditetapkan pada pukul 22.12 WIB dan ditandatangani oleh ketua dan anggota KPU Kota Bandung serta saksi yang hadir.

Dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung Nurul Arifin diusung oleh Partai Golkar, Partai Demokrat, PKB, dan PAN. Sebelumnya Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhyono yakin Nurul Arifin - Chairul Yaqin Hidayat memenangkan pemilihan daerah kota Bandung.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait