Cerita Menteri Susi Pudjiastuti Saat Diminta Jadi ModeI Iklan Paket C

TEMPO | 17 Juli 2018 | 23:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Baru saja memiliki ijazah SMA melalui ujian paket C, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti membeberkan keinginan mendapatkan ijazah SMA itu sudah dari 3 tahun lalu. Awalnya, kata Susi, pada tahun 2015 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang saat itu dipimpin Anies Baswedan meminta dirinya mengiklankan rencana Kemendikbud agar masyarakat mau mengambil ujian paket C.

"Pak Anies dulu bilang 'sus iklanin dong supaya orang mau ambil paket C'," kata Susi Pudjiastuti menirukan Anies saat ditemui di Jakarta, Selasa 17 Juli 2018. "Saya jawab 'oh boleh juga ya, tapi malu juga saya'," kata Susi. Kemudian Anies juga meminta Susi Pudjiastuti untuk mengambil ujian paket C. "Pak Anies bilang 'Tapi kalau kamu mulai, yang lain nanti tidak malu, nah mulailah'," ucap Susi menirukan Anies.

Menteri Susi Pudjiastuti mengatakan di tahun pertama mendaftar ujian paket C hal itu terkendala karena harus pergi ke luar negeri. "Nah kebetulan kemarin saya pulang, ada waktu. Pak Muhajidr nomornya dihidupkan kembali, ya saya ambil. Itu saja, kasih contoh," kata dia. Saat menghadapi ujian Susi Pudjiastuti mengaku tidak ada kendala berarti. Ia mengatakan hanya sulit mengingat pelajaran pada zaman ia sekolah. "Sudah karatan ini kepalanya tidak ingat," ucap dia.

Menteri Susi Pudjiastuti  mengikuti ujian paket C melalui sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat, pada 11-13 Mei 2018. Pemilihan lokasi terdekat dengan sang menteri diajukan oleh Yayasan Bina Pandu Mandiri, tempat Susi menuntut ilmu. Pada Jumat 13 Juli 2018 lalu, Susi Pudjiastuti resmi menerima ijazah paket C, yang diserahkan Yayasan Bina Pandu Mandiri dari Kabupaten Ciamis. Dia ranking pertama dari semua peserta ujian di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dengan perolehan skor 429 dari tujuh mata pelajaran yang harus diikuti.


<!--/data/user/0/com.samsung.android.app.notes/files/share/clipdata_180717_174925_978.sdoc-->

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait