Asian Games 2018, Lalu Muhammad Zohri Tak Dibebani Target

TEMPO | 18 Juli 2018 | 19:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - PB PASI (Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) tak akan memberi beban berat pada Lalu Muhammad Zohri di nomor lari 100 meter pada ajang Asian Games 2018. Meski menjadi juara dunia junior, catatan pelari asal Lombok itu masih jauh di bawah sprinter senior dari negara lain yang akan berlaga di ajang itu. 

"Di Asian Games nanti akan bertemu atlet senior yang lebih berpengalaman. Cina dan Qatar sudah lari di bawah 10 detik, sehingga (Zohri) tak dibebani target untuk mengalahkan atlet seperti itu," kata Sekretaris Jenderal PB PASI Tigor Tanjung, saat menyambut Zohri di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa kemarin.

Lalu Muhammad Zohri akan melanjutkan latihan di Pelatnas Atletik untuk menghadapi Asian Games 2018 pada Agustus mendatang. Pelari berusia 18 tahun itu akan diturunkan di beberapa nomor perlombaan di Asian Games 2018, diantaranya di nomor 100 meter putra dan estafet 4x 100 meter.

Peluang terbaik Zohri, kata Tigor, untuk meraih medali di Asian Games justru berada di nomor estafet 4 x 100 meter. Di nomor tersebut, Zohri akan bergabung bersama sejumlah pelari senior.  "Dia akan turun di estafet juga, di mana menurut analisis kami lebih berpeluang meraih medali," kata Tigor.

Dalam Kejuaraan Dunia Atletik Junior, Lalu Muhammad Zohri mencatatkan waktu 10,18 detik. Unggul atas pesaingnya asal Amerika, Anthony Schwartz yang lebih dijagokan. Catatan waktu ini rekor nasional di kelas junior. Catatan waktu ini juga nyaris menyamai rekor nasional di nomor yang sama, yang saat ini dipegang Suryo Agung, yakni 10,17 detik, pada SEA Games 2009 silam.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait