Presiden Jokowi Ingat Lagu Chicha Koeswoyo Saat Bermain Bareng Anak-anak

TEMPO | 20 Juli 2018 | 19:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Presiden Jokowi menggelar acara bermain, berdendang, dan berimajinasi bersama anak di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta, Jumat sore, 20 Juli 2018. "Pak Presiden senang sekali bisa ketemu anak-anak dalam rangka mengumumkan dan menampilkan lomba cipta lagu anak tahun 2018," kata Jokowi.

Pada kesempatan itu Presiden Jokowi menceritakan masa remajanya dulu suka mendengarkan lagu anak-anak. Penyanyi cilik di zamannya antara lain Chicha Koeswoyo, Dina Mariana, dan Diana Papilaya. "Saya ingat betul Mbak Chicha Koeswoyo dulu beliau ini penyanyi cilik. Saya ingat lagunya heli guk guk guk. Terus Mbak Dina Mariana lagunya oh ibuku hatiku pilu. Mbak Diana Papilaya paman dari mana, paman dari Betawi," cerita Jokowi.

Anak-anak zaman sekarang, kata Jokowi, lebih senang bermain telepon pintar ketimbang bermain di luar. Ia pun mengingatkan anak-anak untuk tidak lupa bermain bersama teman-temannya atau tetangga. Dalam acara itu, Jokowi dan anak-anak menyaksikan penampilan Maesa Kana yang menyanyikan tiga buah lagu anak-anak. Seperti biasa, Jokowi juga memberikan kuis, yaitu menebak dua lagu anak, dua film anak, dua pulau di Indonesia, dan dua provinsi. Anak-anak yang berhasil menebak berhak memilih hadiahnya, yaitu sepeda atau boneka Asian Games.

Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka membangkitkan film dan lagu anak nasional. "Lagu anak tidak seperti dulu. Bahkan menurut statistik, 500 film terakhir yang diproduksi, hanya 15 film anak-anak. Akhirnya kami memutuskan membangkitkan lomba cipta lagu anak," kata Triawan. Minimnya lagu dan film anak nasional, kata Triawan, menjadi keresahan Jokowi. Bekraf pun mengadakan lomba cipta lagu anak. Triawan menuturkan, ada 1.865 lagu yang dilombakan. Namun hanya lima lagu yang memenangkan lomba. Dan 1 dari lima lagu itu nantinya akan dibuatkan film anak-anak yang diproduksi oleh iFlix. "Kita tidak mau anak-anak mendengarkan lagu yang bukan anak-anak apalagi lagu orang dewasa yang liriknya belum tentu baik," ujar Triawan.

Sejumlah pegiat film dan musik hadir dalam acara itu. Pegiat anak dan musik yang hadir di antaranya, Ketua Komnas Perlindungan Anak Seto Mulyadi, Chicha Koeswoyo, Diana Papilaya, Dina Mariana, Oppie Andaresta, dan Giring Ganesha. Adapun pegiat film yang datang, salah satunya Mira Lesmana dan Riri Riza.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait