2 Pameran Bergengsi 100 Tahun Hendra Gunawan di Museum Ciputra Artpreneur

Nanda Indri Hadiyanti | 24 Juli 2018 | 22:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Untuk memperingati 100 tahun seniman Hendra Gunawan, Museum Ciputra Artpreneur mengadakan dua pameran. Dua pameran itu bertajuk Hendra Gunawan: Prisoner of Hope dan Spektrum Hendra Gunawan. 

Pameran yang dimulai 4 Agustus 2018 itu akan menampilkan lukisan koleksi pribadi Ir. Ciputra, yang memang memiliki persahabatan erat dengan sang seniman. Menurut Ir Ciputra, karya-karya Hendra Gunawan seolah menggambarkan dirinya sendiri.

"Ekspresinya (karya Hendra Gunawan) sama dengan jiwa saya, harmoninya juga seperti jiwa saya," ujar Ir Ciputra ditemui di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, baru-baru ini. 

Dalam pameran Hendra Gunawan Prisoner of Hope itu secara total akan menyajikan 32 karya Hendra Gunawan. Pameran itu dikuratori Agus Dermawan T dan Aminudin TH Siregar.

Sementara pameran Spektrum Hendra Gunawan dikuratori Rifky Effendy, yang menampilkan berbagai karya seni lebih dari 70 seniman kontemporer Indonesia. Di antara 70  seniman itu antara lain, Agus Kurniawan, Theresia Agustina Sitompul, Arkiv Vilmansa, Davy Linggar dan Eddy Susanto. 

Pameran ini mengingatkan kembali tentang pentingnya sosok Hendra Gunawan dalam seni kontemporer Indonesia saat ini. 

Hendra Gunawan adalah pelukis yang lahir di Bandung, 11 Juni 1918. Dia dikenal sebagai pelukis yang hadir dengan warna-warni yang berani dan khas, menggambarkan estetika dan sisi tropis Indonesia. Kecintaannya pada Tanah Air memberi karakteristik pada lukisannya yang memancarkan semangat kerakyatan yang mengilhami gaya artistik khas Indonesia

(nda)

Penulis : Nanda Indri Hadiyanti
Editor: Nanda Indri Hadiyanti
Berita Terkait