Mesut Ozil Pensiun dari Timnas, Bos Federasi Sepak Bola Jerman Sesalkan Ini

Andira Putri | 27 Juli 2018 | 13:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Presiden Federasi Sepak Bola Jerman (DFB), yaitu Reinhard Grindel akhirnya buka suara tentang Mesut Ozil. Pemain klub Arsenal ini memutuskan pensiun dari Timnas Jerman pada Minggu (22/7).

Pemain keturunan Turki ini pensiun dari Timnas Jerman karena tidak tahan dengan perlakuan rasis media Jerman serta Reinhard Grindel. Perlakuan mereka dipicu oleh foto Mesut Ozil bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menjelang Piala Dunia 2018.

Reinhard Grindel membantah telah bersikap rasis kepada Mesut Ozil. Hal tersebut disampaikan lewat pernyataan resmi pada Kamis (27/7) seperti dilansir ESPN.

"Saya tidak berpura-pura bahwa kritikan personal ini tidak mempengaruhi saya. Tetapi, saya lebih meminta maaf kepada rekan saya, sukarelawan dari tingkat akar, dan staf DFB yang dihubungkan dengan rasisme. Saya dengan tegas membantah hal tersebut baik secara personal maupun dalam bentuk federasi," tutur Reinhard Grindel.

Meski begitu, Reinhard Grindel tetap merasa menyesal. Reinhard Grindel merasa belum berbuat banyak untuk mengatasi rasisme yang dialami Mesut Ozil.

"Jika melihat ke belakang, sebagai Presiden, saya seharusnya lebih jelas dan tegas terkait suatu hal baik dari diri saya secara personal maupun dalam bentuk asosiasi: Apa pun bentuk permusuhan ras tidak akan mendapat penerimaan atau toleransi pada situasi apa pun," lanjut Reinhard Grindel.

Mesut Ozil sendiri belum memberikan tanggapannya terhadap pernyataan Reinhard Grindel. Mesut Ozil tengah sibuk mengikuti International Champions Cup (ICC) di Singapura bersama klub Arsenal.

(dira/bin)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait