Gerhana Bulan Malam Ini, Ada yang Meyakini Sebagai Pertanda

TEMPO Jumat, 27 Juli 2018 19:50:36
Gerhana Bulan awal tahun lalu (Seno/tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Pada Jumat 28 Juli 2018 malam hari ini akan terjadi gerhana bulan. Saat terjadi gerhana bulan Juli, bulan akan tampak berwarna merah tua. Itu sebabnya gerhana bulan ini disebut juga blood moon atau bulan merah.

Gerhana bulan nanti malam diperkirakan terjadi menjelang tengah malam sampai hari berganti ke Sabtu, 28 Juli 2018, dengan durasi sekitar 103 menit atau 1 jam 43 menit.

Bagi sebagian orang, gerhana bulan diyakini membawa pertanda. Berikut ini berbagai mitos tentang gerhana bulan merah dari berbagai negara, seperti dikutip dari laman ndtv:

1. India
Sebagian orang India menolak melakukan beberapa hal saat terjadi gerhana bulan merah karena dipercaya bisa membawa malapetaka. Mereka menghindari makan, minum, memasak, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan makanan lantaran percaya itu akan mengundang nasib buruk

2. Amerika Serikat

Orang Amerika Serikat yang percaya kalau gerhana bulan merah adalah pertanda kiamat. Beberapa ahli mengatakan kepercayaan itu merujuk pada Alkitab.

3. Tibet

Orang Tibet percaya perbuatan baik dan buruk akan dibalas berlipat ganda selama gerhana bulan.

4. Afrika Selatan

Orang Afrika Selatan yang percaya saat gerhana bulan terjadi, maka matahari dan bulan sedang bertempur. Mereka lantas berdoa supaya benda angkasa itu dapat menyelesaikan masalah di antara mereka.

5. Mitos gerhana bulan terkait perempuan

Di beberapa negara masih ada yang percaya kalau ibu hamil dilarang keluar rumah selama gerhana bulan. Mereka wajib berada di tempat tertutup tanpa sedikitpun terpapar cahaya dari luar. Yang percaya pada mitos ini meyakini bulan gelap akan menjadi kutukan bagi bayi dalam kandungan. Selain dilarang keluar rumah, ibu hamil juga tak boleh memakai pisau dan benda tajam lainnya selama gerhana karena dipercaya membuat tanda lahir.

TEMPO.CO

Penulis TEMPO
Editor Suyanto Soemohardjo
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.