Jokowi Pilih Maruf Amin Jadi Cawapres: Kami Nasionalis-Religius

TEMPO | 9 Agustus 2018 | 21:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Malam ini Presiden Jokowi mengumumkan Ketua Majelis Ulama lndonesia (MUI) Maruf Amin sebagai calon wakil presiden yang akan mendampinginya di pilpres 2019. Pengumuman dilakukan di di Restoran Plataran Menteng, Jakarta pada Kamis, 9 Agustus 2018.

"Dengan perenungan yang mendalam dan masukan serta saran dari seluruh elemen masyarakat, saya memutuskan dan telah mendapatkan keputusan dari koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi saya adalah Prof. Dr. KH. Maruf Amin," kata Jokowi di Restoran Plataran Menteng, Jakarta pada Kamis, 9 Agustus 2018.

Soal pertimbangan Jokowi memilih Maruf Amin karena dianggap saling melengkapi satu sama lain. "Kami ini saling melengkapi, nasionalis-religius," kata Jokowi. Jokowi mengatakan, target pemilih yang akan disasar Jokowi-Maruf Amin adalah seluruh lapisan masyarakat Indonesia. "Targetnya seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote," ujarnya.

Pada kesempatan sebelumnya Maruf Amin telah menyatakan siap menjadi cawapres mendampingi Jokowi di pilpres 2019. Hal tersebut diungkapkan Maruf menanggapi isu yang semakin menguat bahwa namanya masuk dalam daftar kandidat cawapres Jokowi. "Kalau untuk negara saya siap, kalau untuk pribadi sejujurnya saya ini kiai saja sudah cukup. Tapi kalau negara dan bangsa memerlukan saya bersedia", ujarnya lewat keterangannya pada Jumat, 20 Juli 2018.

 Bersama Maruf Amin sebagai calon presiden dan calon wakil presiden, Jokowi rencananya akan mendaftarkan diri pada esok hari, Jumat, 10 Agustus 2018 ke Komisi Pemilihan Umum RI.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait