Gempa Susulan 6,2 SR, Anak-Anak Stres Berat, Motor Klinik Sisir Pelosok Lombok

Romauli Gultom | 10 Agustus 2018 | 01:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Gempa susulan kembali terjadi hari ini di Lombok, Kamis (9/8) dengan kekuatan 6.2 SR yang membuat masyarakat panik kembali. 

Tim Dompet Dhuafa baik tim kesehatan hingga Disaster Managemen Center (DMC) terus bergerak memberikan bantuan. Tim Pshycological First Aid (PFA) terus menyusur dusun-dusun guna memberikan bantuan psikologi bagi anak-anak maupun orang tua atas bencana yang terjadi. Hingga sore ini tim PFA menemukan anak-anak dalam keadaan stres berat karena gempa dan melihat para korban yang berjatuhan dilokasi.

Disisi lain tim kesehatan dengan kendaraan Motor Klinik yang sudah dirancang dan desain khusus untuk kegiatan bantuan kesehatan di wilayah terpencil terjun dengan menyasar di wilayah Lombok Barat. 

“Motor Klinik ini ditangani oleh seorang dokter dan perawat yang diharapkan dapat membantu dan mengjangkau para korban gempa di wilayah terpencil serta akses yang sulit dengan kendaraan roda empat," ucap Sabeth Abilawa selaku Direktur Program Dompet Dhuafa dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/8).

Motor klinik mulai beroperasi hari ini. Tempat pengungsian yang telah terlayani oleh motor klinik adalah Dusun Sokong, Desa Samaguna, Dusun Tanak Songlauk Desa Jenggala, serta Dusun Panon Kebon Desa Jenggala. Tiga lokasi tersebut terletak di Kecamatan Tanjung, Lombok Barat

Total penerima manfaat dari motor klinik hari ini adalah 80 pasien. Penyakit terbanyak yang ditemukan di pengungsian adalah Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

Penulis : Romauli Gultom
Editor: Romauli Gultom
Berita Terkait