Deklarasikan Maruf Amin Cawapres, Jokowi Minta JK Jadi Timses

TEMPO | 10 Agustus 2018 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menginginkan Wakil Presiden Jusuf Kalla menjadi tim sukses pemenangan Joko Widodo-Maruf Amin dalam pemilihan presiden 2019 mendatang.

"Tadi Pak Presiden memberi arahan bahwa timsesnya adalah Pak JK," ujar Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, saat ditemui di Restoran Plataran, Jakarta pada Kamis malam, 9 Agustus 2018.

Jokowi mengumumkan Maruf Amin menjadi cawapresnya dalam pemilihan presiden 2019. Pengumuman dilakukan di Restoran Plataran Menteng, Jakarta pada Kamis, 9 Agustus 2018.

"Dengan perenungan yang mendalam dan masukan saran dari seluruh elemen masyarakat, saya memutuskan dan telah mendapatkan keputusan dari koalisi Indonesia kerja yang akan mendampingi saya sebagai calon wakil presiden adalah Prof Dr KH Maruf Amin," ucap Jokowi.

Sebelumnya, Jusuf Kalla disebut-sebut akan menjadi calon wakil presiden mendampingi Jokowi kembali jika uji materi jabatan cawapres dikabulkan Mahkamah Konstitusi. Namun, hingga 9 Agustus 2018, MK belum memutuskan uji materi tersebut.

Ketua Koordinator Bidang Media dan Penggalangan Opini DPP Golkar, Ace Hasan mengatakan, JK sudah legowo akan hal tersebut.

"Pak JK juga sudah mengatakan bahwa beliau tidak akan ngotot soal putusan MK tersebut. Sudah tidak ada lagi waktu," ujar Ace saat ditemui usai menyambangi kediaman Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jalan Diponegoro, Jakarta pada Kamis pagi, 9 Agustus 2018.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait