Mengapa Jokowi Belum Umumkan Ketua Tim Pemenangan? Ini Kata Muhaimin Iskandar

TEMPO | 14 Agustus 2018 | 18:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengungkap alasan mengapa calon presiden inkumben Joko Widodo belum mengumumkan ketua tim kampanye nasional meskipun struktur inti lainnya sudah diumumkan. Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa ini membantah ada deadlock karena tarik-menarik kepentingan partai koalisi yang ingin menduduki jabatan strategis itu.

"Ini bagian dari strategi politik dalam pemenangan Pak Jokowi," ujar Muhaimin Iskandar di kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Jakarta, Selasa, 14 Agustus 2018. Muhaimin menegaskan, partai koalisi sebetulnya sudah sepakat jika ketua tim kampanye nasional dipegang Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). "Semua sepakat Pak JK, tapi semua kan tergantung Pak Presiden," ujarnya.

Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G. Plate sebelumnya mengatakan JK akan menjadi ketua dewan penasihat tim pemenangan Jokowi - Ma'ruf Amin. "Sudah fix," ujar Johnny di Posko Cemara, Jakarta, Ahad, 12 Agustus 2018. Johnny lalu membeberkan plus minus JK. Secara kompetensi dan syarat untuk menjadi ketua tim, ujar Johnny, JK dinilai sosok paling sempurna. "Baik dari program, strategi, relasi, mengelola tim, dan pengalamannya yang luar biasa," ujar Johnny.

Di lain sisi, ujarnya, JK tidak bisa dilepaskan dari posisinya sebagai wakil presiden. "Kalau presiden sebagai inkumben cuti untuk kampanye, Wapres yang mengambil peran," ujar Johnny.

Jusuf Kalla sudah menyatakan bersedia menjadi penasihat tim pemenangan Jokowi - Ma'ruf, dan bukan sebagai ketua tim. "Kalau penasihat tentu, kan memberikan pandangan-pandangan. Bukan ketua tim," kata Jusuf Kalla di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin, 13 Juli 2018.
 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait