Provinsi Ini Salah Satu Daerah dengan Indeks Kebahagiaan Terendah di Indonesia

Wayan Diananto | 16 Agustus 2018 | 01:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Data Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkap fakta bahwa 27, 74 persen penduduk Papua masih hidup di bawah garis kemiskinan. Lebih dari 63 ribu orang menganggur. BPS juga menyebut Papua merupakan kawasan dengan indeks kebahagiaan paling rendah mengingat kondisi geografisnya sangat menantang. Ini berdampak pada sejumlah aspek vital kehidupan seperti kesehatan, pendidikan, pendapatan, dan keselamatan.

Data lain yang tak kalah menyentuh, survei literasi dan inklusi kekuangan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut, pada 2016, pengetahuan masyarakat Indonesia Timur terkait keuangan lebih rendah jika dibandingkan dengan kawasan lain. Papua Barat menduduki peringkat terendah dengan angka 19,27 persen sementara Papua unggul tipis dengan 22,18 persen. Rentetan fakta dan data ini mengundang kepedulian sejumlah pihak salah satunya, Prudential.

Tahun lalu, Prudential untuk kali pertama menanam benih program tanggung jawab sosial untuk Indonesia Timur lewat kegiatan "Child-Friendly School." Tahun ini, Prudential berfokus pada kewirausahaan lewat program bertajuk "East Indonesia Empowerment (Pemberdayaan Indonesia Timur)" di bawah inisiatif Community Investment yang menyajikan dukungan solusi atas tantangan masyarakat di Timur Indonesia.

"Kami tak hanya memberi perlindungan jangka panjang bagi jutaan keluarga di Indonesia. Kami ingin memberi dampak positif bagi masyarakat sekitar. Community Investment salah satu fokus utama kami untuk mendukung masa depan masyarakat Indonesia yang lebih baik termasuk Papua," terang President Director Prudential Indonesia, Jens Reisch di Jakarta, pekan ini.

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait