Anies Baswedan Jawab Netizen Soal Kehadirannya di Pembukaan Asian Games

TEMPO | 20 Agustus 2018 | 18:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Gubernur Anies Baswedan memastikan dirinya hadir di acara pembukaan Asian Games 2018 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan pada Sabtu malam, 18 Agustus 2018 lalu. Pernyataan itu muncul usai warganet bertanya-tanya soal Anies Baswedan yang tidak terekspos dalam acara pembukaan nan megah tersebut.

"Tentu saja saya berada di pembukaan. Saya hadir di sana menyambut tamu, saya bersama official internasional," kata Anies Baswedan di Balairung, Balai Kota, Jakarta Pusat pada Senin, 20 Agustus 2018.

Anies Baswedan bercerita dirinya saat itu sibuk menemani pimpinan Dewan Olimpiade Asia (OCA). Kepada pimpinan tersebut, Anies mengungkapkan kebahagiaannya atas kesempatan Jakarta yang menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Anies juga sempat menyambut Wakil Presiden RI Jusuf Kalla bersama para tamu VVIP lainnya.

Dia duduk bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Mantan Presiden RI Megawati dan BJ Habibie, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Menurut Anies, lokasi tempat duduknya yang diatur ketat membuatnya tak terekspos oleh kamera. "Hadir semua di situ, cuma memang tempat itu sangat restricted, jadi tidak bisa memotret," ucap Anies Baswedan.

Anies mengatakan, saat itu tengah sibuk ikut menyiapkan acara pembukaan. Sehingga tidak sempat mengabadikan momen tersebut melalui ponselnya. "Kami sibuk dengan kegiatan malah, enggak foto-fotoan, selfie-selfie an, bekerja gitu, saya enggak punya foto karena saya enggak biasa selfie-selfie-an saat lagi acara," kata Anies Baswedan.

Dalam foto-foto yang beredar, kehadiran Anies Baswedan dalam pembukaan Asian Games 2018 juga terekam. Dalam sejumlah foto, terlihat Anies tengah menyambut Jusuf Kalla dan istrinya. Juga terlihat bersama Retno Marsudi dalam sebuah foto selfie yang diambil oleh Pratikno. Sepanjang acara pembukaan Asian Games 2018, kamera memang kerap menyorot kepada Presiden Jokowi, para pimpinan Inasgoc, dan OCA. Dalam siaran yang ditampilkan di sejumlah televisi nasional, bahkan Anies Baswedan tidak tersorot sama sekali.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait