Aksi Jokowi di Asian Games 2018 dan Ratu Elizabeth di Olimpiade 2012

TEMPO | 20 Agustus 2018 | 20:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Penampilan Presiden Jokowi dalam video Pembukaan Asian Games 2018 Sabtu, 18 Agustus 2018 lalu ramai dibicarakan. Tapi sebelum Jokowi, beberapa pemimpin negara lain juga pernah terlibat dalam video di acara olahraga, di antaranya Ratu Elizabeth dari Britania raya dan Shinzo Abe dari Jepang.

Kalau Jokowi naik moge di video Pembukaan Asian Games 2018, Ratu Elizabeth melompat keluar dari helikopter yang sedang terbang untuk menandai awal Olimpiade 2012 di London. Aksi itu tak dilakukan sendirian. Elizabeth yang saat itu berusia 86 tahun ditemani Daniel Craig pemeran James Bond, karakter agen rahasia asal Inggris.

Video dimulai dengan Elizabeth menyambut Daniel Craig di Istana Buckingham. Elizabeth juga sempat menyapa Craig dengan sapaan khas film James Bond, "Selamat malam. Tuan Bond." Setelahnya, mereka mulai berjalan ke helikopter dan akhirnya melakukan aksinya. Dilansir Royal Central, 27 Juli 2017, adegan terjun bebas sang ratu dilakukan pemeran pengganti. Namun, tetap saja adegan itu menjadi momen besar dalam sejarah pertelevisian dunia.

Aksi lain juga pernah dilakukan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. Dia tak melakukan aksi menegangkan atau hal-hal berbahaya, melainkan berubah menjadi karakter video game, seperti diberitakan The verge, 21 Agustus 2016. Pada video penutupan Olimpiade Rio tahun 2016, Abe yang sedang berada dalam mobil di Jepang terancam terlambat datang ke acara penutupan. Ia kemudian berubah menjadi karakter kartun Mario Bros, lengkap dengan kumis dan kostum khas.

Shinzo Abe yang telah berubah ke dalam wujud Mario, memutuskan berlari dari Jepang ke lokasi penutupan olimpiade di Rio de Janairo, Brazil. Belum lama berlari, ia bertemu tokoh kartun Jepang, Doraemon. Shinzo Abe lalu dipinjami sejenis pipa oleh Doraemon. Dengan pipa itu  Mario dapat sampai ke Rio dengan cepat. Sebab, pipa tersebut membentuk jalur di bawah tanah, menyeberangi perut Bumi.

Shinzo Abe pun sampai di Rio tepat waktu dengan kostum Mario Bros di tubuhnya. Seperti dilaporkan Slate, 21 Agustus 2016, momen kehadiran Abe di Rio juga disambut dengan lagu tema game Mario Bros. Penampilan tersebut juga tentunya ramai dibicarakan. Hal ini sengaja dilakukan Abe mempromosikan Olimpiade yang akan digelar di Jepang tahun 2020 nanti.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait