Malam Satu Suro, Keraton Surakarta Gelar Kirab Pusaka, Tujuh Kerbau Bule Ikut

TEMPO | 10 September 2018 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dalam rangka menyambut Tahun Baru Jawa atau yang juga dikenal sebagai Malam Satu Suro, Keraton Kasunanan Surakarta akan menggelar kirab pusaka. Selama ini ritual tersebut selalu disaksikan oleh ribuan warga dan wisatawan yang memadati jalur kirab.

Satwa peliharaan keraton, kerbau bule juga akan ikut dikirab saat Malam Satu Suro. "Saat ini kerbau yang akan mengikuti kirab sudah dipilih," kata Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta, KGPH Dipokusumo, Sabtu 8 September 2018.

Saat ini Kerbau bule yang dimiliki keraton berjumlah 17 ekor. "Kami memilih tujuh ekor untuk ikut dikirab pada Malam Satu Suro nanti," katanya. Pemilihan berdasar berbagai pertimbangan, salah satunya faktor kejinakan.

Tak hanya kerbau bule keturunan Kyai Slamet itu, beberapa pusaka keraton juga akan dikirab. Namun, Dipokusumo belum bisa memastikan jenis pusaka yang akan dikeluarkan. "Nanti akan dipilih menjelang kirab berlangsung," katanya.

Kirab diperkirakan akan diikuti oleh sekitar 800 orang abdi dalem dan kerabat keraton. Selain itu, biasanya juga banyak warga yang ikut berjalan dalam iring-iringan kirab. "Masih banyak warga yang merasa ikut memiliki kebudayaan ini," katanya

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait