Malam Satu Suro, Pura Mangkunegaran Gelar Kirab dengan Tapa Bisu

TEMPO | 10 September 2018 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menyambut datangnya Tahun Baru Jawa atau yang sering disebut Malam Satu Suro, Pura Mangkunegaran Solo akan menggelar kirab, Senin malam 10 September 2018. Rombongan kirab akan mengelilingi tembok Pura Mangkunegaran.

Joko Pramudyo yang menjadi panitia mengatakan, kirab itu akan diikuti oleh para kerabat. "Selain itu biasanya banyak masyarakat juga ikut bergabung," katanya di Solo, Senin, 10/9. Warga akan ikut berjalan di belakang peserta kirab yang membawa pusaka milik Mangkunegaran.

Iring-iringan itu akan berjalan berkeliling sembari tapa bisu atau berjalan dengan berdiam diri. "Tidak boleh berbicara," katanya. Ritual tapa bisu selalu dilakukan pada Malam Satu Suro sebagai bentuk perenungan.

Penyambutan tahun baru Jawa, Joko menjelaskan, memang berbeda dengan tahun baru Masehi yang cenderung berhura-hura. Bagi masyarakat Jawa, tahun baru menjadi sebuah momen merenung dan kontemplasi. "Kirab akan dilanjutkan dengan kegiatan semedi di pendapa," katanya. Kegiatan itu akan berlangsung sejak tengah malam hingga pagi hari. Dia berharap masyarakat yang ingin mengikuti acara tersebut untuk menyesuaikan dengan mengenakan pakaian tradisional.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait