Iklan Jokowi di Bioskop yang Bikin Heboh, Begini Isinya

TEMPO | 14 September 2018 | 20:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Video iklan Jokowi di gedung bioskop yang menampilkan pembangunan sejumlah bendungan di tanah air sedang ramai dibicarakan. Iklan Jokowi itu menampilkan suara Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Di akhir video berjudul 2 Musim, 65 Bendungan itu ditutup dengan #MENUJUINDONESIAMAJU.

"Membangun bendungan akan menjamin produksi pangan kita di masa depan. Karena kunci ketahanan pangan adalah ketersediaan air," kata Jokowi dalam video iklan yang dilihat di Youtube pada, 14 September 2018.

Iklan berdurasi 4.30 menit itu menampilkan visual bendungan dengan para pekerja pada 25 detik awal. Selanjutnya muncul judul video dengan dilanjutkan kalimat : Kekeringan dan kemarau panjang harus kita atasi. Ketersediaan air adalah kunci ketahanan pangan kita. Untuk itu pemerintah membangun banyak bendungan.

Di video ini juga terdapat suara seorang petani M Solihin. "Menurut saya pembangunan waduk bagi petani itu penting, mas," kata Solihin dalam video itu. Solihin mengatakan pembangunan waduk membuat air mengalir tepat waktu, tanpa harus menunggu air hujan tiba. Menurutnya, waktu tidak ada waduk, satu tahun hanya menanam padi satu kali. Setelah ada waduk, kata Solihin, petani bisa menanam dua kali dalam setahun.
Solihin juga mengatakan dengan adanya waduk petani dapat menanam sesuai target. Jika mengandalkan air hujan, bisa tidak sesuai target. Di akhir kalimatnya dalam video, Solihin berpesan kepada Jokowi. "Bangun waduk yang banyak, pak. Biar petani-petani sejahtera dan Indonesia Raya bisa punya pangan banyak. Sukseskan ekonomi, pak," ujar Solihin.
Suara Jokowi muncul pada menit ke 4.05. Jokowi mengatakan tidak akan mungkin menjadi bangsa yang berdaulat di bidang pangan, kalau jumlah bendungan dan saluran irigasi yang mengairi lahan-lahan pertanian di seluruh penjuru tanah air sangat terbatas.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait