Pilpres 2019: Jokowi dan Prabowo Ikrarkan 3 Janji Kampanye Damai

TEMPO | 23 September 2018 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pasangan calon presiden Jokowi - Ma'ruf Amin dan pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno berjanji akan melangsungkan kampanye damai. Janji tersebut mereka ungkapkan lewat ikrar dalam acara deklarasi kampanye damai pemilu serentak 2019 di halaman tugu Monumen Nasional, Jakarta, Ahad, 23 September 2018.

Ikrar kampanye damai ini dipimpin oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman dan Ketua Badan Pengawas Pemilu, Abhan. Selain pasangan capres-cawapres, pembacaan ikrar diikuti juga oleh pimpinan partai politik peserta pemilu dan perwakilan anggota Dewan Perwakilan Daerah dari provinsi DKI Jakarta.

Ini isi lengkap ikrar Kampanye Damai Pemilu Serentak 2019:

Kami peserta pemilu tahun  2019 berjanji:
Satu: Mewujudkan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Dua: Melaksanakan kampanye pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, politisasi SARA, dan politik uang.

Tiga: Melaksanakan kampanye berdasarkan peratuan dan perundang-undangan yang berlaku.

Setelah  membacakan ikrar ini, para peserta pemilu bersama-sama melepas burung merpati dan menandatangani prasasti deklarasi kampanye damai. KPU dalam peraturan KPU telah memutuskan masa kampanye akan berlangsung sejak 23 September 2018 hingga 13 April 2019. Adapun hari pencoblosan jatuh pada 17 April 2019.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait