Tersedia 5.000 Tiket Gratis Setiap Hari untuk Menonton Asian Para Games 2018

TEMPO | 29 September 2018 | 20:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Panitia penyelenggara Asian Para Games 2018 sudah menyediakan 5.000 tiket gratis setiap hari bagi penyandang disabilitas yang ingin menyaksikan pertandingan, yang dikelola langsung oleh Kementerian Sosial.

Kata Menteri Sosial Agus Gumiwang, alokasi tiket gratis itu merupakan arahan dari Presiden Jokowi. Nantinya tiket gratis akan dibagikan ke komunitas-komunitas dengan mendaftar melalui aplikasi. "Kami luncurkan aplikasi tiket. Jadi permintaannya melalui form aplikasi," kata Agus Gumiwang di Lapangan Panahan, Jakarta, Jumat, 28 September 2018.

Pemakaian aplikasi dipilih agar penyebaran tiket bisa tepat sesuai sasaran dan menghindari antrean. Melalui aplikasi di situs paragames.kemsos.go.id, Kementerian Sosial akan memverifikasi permohonan. "Kami akan sediakan transportasi juga," ucap Menteri Agus. Untuk acara pembukaan Asian Para Games, Kementerian Sosial mendapatkan jatah sebanyak 2.200 tiket gratis juga untuk penyandang disabilitas.

Raja Sapta Oktohari, Ketua Indonesia Asian Para Games 2018 Organizing Committee (Inapgoc) menambahkan, para penyandang disabilitas juga bisa membeli tiket berbayar. Menurutnya, tidak semua penyandang disabilitas mengharapkan tiket gratis dan ingin membeli tiket berbayar. "Ada yang seperti itu dan kami akan layani juga," katanya.

Ary Koeswiranto, Ketua Panitia Cabang Panahan, mengatakan lokasi pertandingan sudah siap digunakan para atlet. Pengelola lapangan panahan, ucap dia, hanya tinggal memasang target dan batas pertandingan. Untuk fasilitas penonton Asian Para Games, Ary menyatakan, panitia sudah menyediakan tempat bagi penonton biasa dan disabilitas. Ia memperkirakan ada 400 kursi yang disediakan bagi penonton. "Perbandingan kapasitasnya 50:50 untuk penonton biasa dan disabilitas," kata dia.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait