Menteri Susi Pudjiastuti Memperkenalkan Aplikasi Laut Nusantara, Ini Manfaatnya

Wayan Diananto | 12 Oktober 2018 | 07:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Susi Pudjiastuti memperkenalkan aplikasi Laut Nusantara kepada para nelayan di Bali, pekan ini. Aplikasi ini membantu nelayan meningkatkan produktivitas dan keamanan kerja. Aplikasi Laut Nusantara berbasis Android dan 100 persen buatan anak bangsa. Aplikasi ini mendapat dukungan data kelautan yang sahih sekaligus real time.

Peluncuran aplikasi Laut Nusantara ditandai dengan penyerahan secara simbolis tiga paket perangkat Laut Nusantara yang terdiri ponsel pintar, kartu perdana dengan paket data sebesar 1GB, dan buku panduan penggunaan aplikasi kepada tiga nelayan Bali. Susi Pudjiastuti menyebut aplikasi Laut Nusantara menyediakan berbagai informasi soal wilayah tangkapan, sebaran ikan di pelabuhan, hingga kondisi cuaca di laut.

Aplikasi Laut Nusantara hasil kolaborasi Balai Riset dan Observasi Laut (BROL), Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta PT XL Axiata Tbk. "Aplikasi ini bermanfaat bagi nelayan kecil perorangan di seluruh wilayah Indonesia yang selama ini mengandalkan hasil tangkapan untuk menopang kehidupan keluarga," terang Kepala BROL, Dr. I Nyoman Radiarta, M.Sc, kepada tabloidbintang.com, pekan ini.

Informasi lengkap seputar cuaca yang disediakan aplikasi Laut Nusantara diharapkan menjadi panduan sekaligus peringatan bagi nelayan untuk mempertimbangkan keselamatan mereka. Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya, menambahkan, "Yang membedakan Laut Nusantara dengan aplikasi sebelumnya adalah basis informasi yang lebih lengkap dan real time, serta sumber data sepenuhnya disuplai secara resmi oleh BROL."

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait