Turki Rilis 15 Tersangka Pembunuh Jamal Khashoggi, Apa Saja Perannya?

TEMPO | 22 Oktober 2018 | 07:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Turki merilis 15 tersangka penyiksa dan pembunuh Jamal Khashoggi, jurnalis warga Arab Saudi di konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018. Sumber pemerintah Arab Saudi mengungkapkan 15 tersangka itu sudah ditahan. Selain itu 3 pejabat top negara itu dipecat dalam kasus Khashoggi.\

Menurut pemerintah Arab Saudi, 15 orang ini ditugaskan untuk membawa pulang Khashoggi setelah setahun menjadi eksil di Amerika Serikat.

Mereka berangkat tidak bersamaan. Kelompok pertama terdiri dari 9 orang terbang menggunakan pesawat sewaan Gulfstream milik maskapai Sky Prime Aviation bernomor HZ-SK1. Pesawat berangkat dari Riyadh pada 2 Oktober jam 03.13 pagi waktu setempat dan mendarat di bandara Atartuk pada subuh.

Kelompok kedua, berangkat ke Turki dengan menyewa pesawat juga milik maskapai Sky Prime Aviaton dengan nomor pesawat HZ-SK2 membawa 3 pejabat Saudi. Mereka tiba sore hari jam 17.15 waktu setempat.

Apa peran 15 orang yang terdiri dari ahli forensik, intelijen, dan militer dalam penganiayaan dan pembunuhan Jamal Khashoggi?

1. Maher Abdulaziz Mutreb, 47 tahun.
Mutreb merupakan teman dekat dan pengawal pribadi putra mahkota pangeran Mohammed bin Salman.

Maher disebut sebagai pemimpin tim pembunuh Khashoggi. Salah satu foto yang dipublikasikan media Turki menunjukkan Matreb masuk konsulat Arab Saudi di Istanbul, Tuki pada jam 9.55 pagi atau beberapa jam sebelum Khashoggi masuk.

2. Kepala Departemen Forensik Arab Saudi, Salah Muhammad al-Tubaigy, berperan membunuh Khashoggi dengan memutilasinya dalam tempo 15 menit.

Al-Tubaigy ditemani satu asisten yang membawa Khashoggi ke dalam ruangan yang telah dipersiapkan di dalam konsulat.

"Tubaigy ahli otoposi secara cepat," Middle East Eye dalam laporannya.

3. Mustafa Muhammed al-Madani, 57 tahun.
Madani bertugas mengelabui dengan cara mengenakan pakaian Khashoggi, kacamata dan jam tangan Apple meninggalkan konsulat lewat pintu belakang untuk menunjukkan seolah-olah Khashoggi keluar meninggalkan gedung.

Madani pergi ke arah distrik Sultanahmet tempat dia membuang barang milik Khashoggi.

4. 11 tersangka lainnya diduga membantu pembantaian dan pembunuhan Khashoggi. Mereka terdiri dari anggota pasukan angkatan udara Arab Saudi, yakni Meshal Saad Albostani, Waleed Abdullah Alsehri; Mansur Othman Abashussain berpangkat letnan kolonel di angkatan bersenjata Saudi dan Naif Hasan Alarif sebagai aparat di angkatan bersenjata Saudi; Muhammed Saad Alzahrani dan Thaar Ghaleb Alharb sebagai pengawal pribadi putra mahkota Mohammed bin Salman; Fahad Shabib Albalawi, Badr Lafi Alotaibi, Abdulaziz Muhammed Alhawsawi, Halid Aede Altaibi, Turki Muserref Alsehri, Saif Saad Alqahtani, yang tidak disebutkan jabatan lengkapnya.

Mayor Jenderal Ahmed al-Asyiri sebagai wakil ketua Intelijen Umum Kepresidenan tidak ada di dalam daftar 15 regu pembunuh Khashoggi. Namun sosok pejabat top yang dekat dengan keluarga kerajaan Saudi dipecat sebagai wakil ketua intelijen setelah kasus kematian Khashoggi terungkap.

Asyiri sebagai penasehat terdekat Mohammed bin Salem yang memilih 15 anggota tim untuk pergi ke Istanbul bertemu Jamal Khashoggi di konsulat Arab Saudi untuk mencoba menyakinkan jurnalis itu untuk kembali ke Arab Saudi.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait