Hari Ini Sandiaga Uno Ziarah ke Makam Habib Kwitang

TEMPO | 15 November 2018 | 17:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hari ini Sandiaga Uno ziarah ke makam  Ali Al Habsyi alias Habib Kwitang di Jalan Kembang Raya, Kwitang, Jakarta Pusat. Sandi menyebut Ali Al Habsyi masih merupakan kerabat dari istrinya, Nur Asia Uno. "Kebetulan saya hari ini di Jakarta, enam hari di daerah. Mbak Nur mengingatkan, 'kamu di daerah udah ziarah ke mana-mana, di Jakarta ke keluarga sendiri belum," kata Sandiaga Uno selepas berziarah, Kamis, 15 November 2018.

Pada kesempatan itu Sandiaga Uno menyampaikan harapan agar kawasan Kwitang ini dapat dijadikan sebagai kawasan wisata religi. Dia mengaku sudah mengusahakannya sejak duduk di Balai Kota dulu sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Sandiaga Uno melihat potensi pariwisata saat mengetahui setiap Minggu pagi banyak jamaah dari seluruh Indonesia datang ke makam ini. Hal itu pun menghidupkan usaha di lingkungan sekitarnya. "UKM hidup, berjualan tasbih, jualan perangkat salat, makanan banyak sekali di sini," ujarnya.

Sandiaga berpendapat, ada satu kesinambungan antara wisata religi dengan ekonomi umat. Inspirasi wisata religi ini, katanya, datang berkat ia berziarah. Menurutnya, hal ini pula yang menjadi alasan kenapa para ulama selalu menganjurkan berziarah.

Sandiaga Uno sempat mengunjungi makam ayah dari Habib Kwitang, yakni Abdurrahman Al Habsyi di Jalan Kramat nomor 5, Cikini, Jakarta Pusat sebelum berkunjung ke makam Ali Al Habsyi.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait