Paling Banyak, SEA Games 2019 Manila Lombakan 56 Cabang, Ini Kata Kemenpora

TEMPO | 28 November 2018 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hasil pertemuan Federasi SEA Games dua hari lalu di Manila, Filipina, menetapkan sebanyak 56 cabang olahraga bisa dipertandingkan di Sea Games 2019 Manila .

Federasi SEA Games memberi lampu hijau untuk jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan di SEA Games 2019 Manila.

Meski demikian, jumlah tersebut masih bisa berkurang. Federasi masih memberi waktu hingga 7 Desember kepada lima cabang olahraga lainnya yang saat ini tengah mengajukan usulan.

Kelima olahraga itu diberi waktu untuk mendapatkan dukungan dari federasi internasional atau badan Asia. Lima olahraga itu ialah kurash, e-sports, surfing, skateboarding, dan jujitsu.

Tuan rumah Filipina secara resmi akan mengumumkan jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan pada 15 Desember 2018. Bila Filipina menetapkan 56 cabang jadi dipertandingkan, SEA Games kali ini menjadi pesta olahraga Asia Tenggara yang paling besar.

Terakhir jumlah cabang terbanyak ialah pada SEA Games 2011 ketika Indonesia menjadi tuan rumah. Saat itu cabang yang dipertandingkan sebanyak 44. Sedangkan pada SEA Games 2017 di Malaysia ada 38 cabang yang dimainkan.

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot Dewa Broto mengatakan bila melihat tradisi keterlibatan di SEA Games, Indonesia kerap mengikuti semua cabang.

Meski demikian, kata dia, kementerian juga harus mempertimbangkan besaran anggaran untuk mengikuti semua cabang di SEA Games nanti.

"Jadi setidaknya yang semaksimal mungkin yang berpotensi besar medali," kata Gatot di Jakarta, Selasa, 27 November 2018.

Kemenpora, Gatot melanjutkan, mempunyai prioritas dalam hal turnamen atau kejuaraan yang diikuti atlet. Gatot mengatakan prioritas utama pemerintah ialah mendorong atlet berprestasi di tingkat Asia (Asian Games) dan Olimpiade.

"SEA Games penting tapi kami mendukung atlet ke Olimpiade," ucapnya.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait