Ketua KNKT dan Investigator Musibah Lion Air ke AS Temui Boeing Hari Ini

TEMPO | 28 November 2018 | 16:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono beserta tim investigasi jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkalpinang akan mengunjungi Seattle, Amerika Serikat, seperti dikatakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Di sana, kata Budi, para investigator baik dari KNKT maupun Kementerian Perhubungan akan menunjukkan dan merekonstruksi fakta-fakta yang ada dalam Flight Data Recorder (FDR).

"Pertemuan itu akan dilangsungkan beberapa hari dan diikuti diskusi dengan Boeing dan NTSB," kata Menteri Budi Karya di Hotel Fairmont, Rabu, 28 November 2018.

Pesawat Lion Air tujuan Jakarta-Pangkalpinang dengan nomor penerbangan JT610 dan nomor lambung PK-LQP jatuh di sekitar perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, pada 29 Oktober 2018. 

Menteri Budi Karya berharap diskusi dan fakta yang diberikan bisa menjadi bahan untuk analisa dan dasar dalam membuat rekomendasi. Adapun waktu yang dibutuhkan KNKT untuk melakukan investigasi final adalah 6 bulan. "Oleh karenanya, kami belum merekomendasikan sesuatu bagi Lion, Boeing dan semua stakeholder," kata dia.

Budi Karya sebelumnya mengatakan pihaknya telah merampungkan audit khusus yang dilakukan terhadap 11 pesawat Boeing 737 Max 8. Menurutnya, audit tersebut berkaitan dengan perbaikan standar operasi prosedur (SOP) dan sumber daya manusia (SDM). "Ada beberapa yang kita rekomendasikan, di antaranya pelatihan, SOP, dan kita sampaikan pada Minggu mendatang," tutur dia.

Hasil audit tersebut, kata Budi Karya,  juga diberikan kepada KNKT. Hal ini dilakukan karena KNKT merupakan institusi yang melalukan penyelidikan terhadap jatuhnya pesawat Lion Air tersebut.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait