Peringatan BMKG, Cuaca Ektrem Sampai Lima Hari ke Depan

TEMPO | 28 November 2018 | 18:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - BMKG atau (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) memperkirakan hujan dengan intensitas tinggi masih akan terjadi di Jakarta hingga lima hari ke depan per Rabu 28 November 2018. Tak hanya Jakarta, curah hujan tinggi akan terjadi hampir merata di seluruh wilayah Indonesia.

Mulyono R. Prabowo, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, menjelaskan sirkulasi angin tertutup di Laut Jawa yang cukup persisten hingga 3 hari ke depan sebagai penyebabnya. Sirkulasi membentuk daerah pertemuan angin dan tumbuhnya awan hujan di sepanjang Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara Timur. Aliran massa udara basah yang masuk dari Samudera Hindia turut mendukung pertumbuhan awan hujan tersebut. "Kondisi ini yang dapat menyebabkan terjadinya potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang," kata Prabowo, seperti dikutip dari Koran Tempo, Rabu 28 November 2018.

Harry Tirto Djatmiko, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BMKG mengatakan, masyarakat di Jakarta harus mewaspadai hujan yang disertai kilat atau petir dan angin kencang di sejumlah wilayah. "Wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur antara siang dan sore harus diwaspadai," ujar Harry.

Harry menambahkan, meski durasi hujan lebat yang disertai angin dan petir itu hanya akan berlangsung singkat, masyarakat harus tetap mewaspadai dampak lanjutan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin. "Tahun kemarin juga di sekitar Desember puncaknya," katanya menunjuk puncak musim hujan.

Sejak sepekan terakhir hujan deras mengguyur Jakarta. Hujan es bahkan pernah terjadi di kawasan Jakarta Pusat, Kamis 22 November lalu. Saat itu sejumlah pohon tumbang dan air menggenang di sejumlah titik.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait