Tol Trans Jawa Siap Dipakai saat Libur Natal 2018

TEMPO | 3 Desember 2018 | 06:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan jalan Tol Trans Jawa siap dilalui untuk libur Natal dan tahun baru 2019 (Nataru). “Iya siap,” kata dia saat dihubungi, Ahad, 2 Desember 2018.

Namun, ia mengatakan ada empat ruas Tol Trans jawa yang masih dalam tahap penyelesaian. Keempat ruas tersebut yaitu Jalan Tol Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Wilanagn-Kertosono dan Salatiga-Kertasura.

“Keempat ruas jalan tol itu dalam penyelesaian sehingga tahun baru nanti diharapkan sudah bisa dipakai sampai ke Surabaya,” tutur dia.

Pekan depan, kata Herry, dua Jalan Tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang sudah laik fungsi. “Kalau persemian kan masalah waktu ya, tapi kalau secara fisik minggu kedua sudah bisa, tapi yang pasti minggu depan ini kita sudah mulai laik fungsi untuk dua itu,” kata dia.

Pada Sabtu, 1 Desember 2018 Jokowi meresmikan Tol Ciawi - Cigombong  sepanjang 15,4 kilometer. Tol ini merupakan bagian dari ruas Tol Ciawi – Sukabumi atau lebih dikenal dengan Tol Bocimi. Tol tersebut merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna memastikan rencana peresmian tol yang termasuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut. "Rencananya seperti itu, akan diresmikan besok siang," katanya, Jumat, 30 November 2018.

Direktur Utama Trans Jabar Tol Muhammad Sadali mengatakan tol Ciawi - Cigombong  sudah mengantongi sertifikat laik operasi (SLO) sebagai syarat utama untuk bisa beroperasi pada pekan lalu. “SLO sudah pekan lalu. Setelah diresmikan, setelah kami menunggu SK (Surat Keputusan) tarif dari Menteri PUPR,” ucapnya.

Setelah beroperasi, seksi I tol Bocimi diharapkan bisa memecah kepadatan lalu lintas Bogor - Sukabumi. Pasalnya, Cigombong merupakan salah satu titik kemacetan di jalur sepanjang 60 kilometer tersebut. Secara keseluruhan, jalan tol Bocimi terdiri atas empat seksi dengan panjang ruas 54 kilometer. 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait