Rekaman Suara Detik-detik Pembunuhan Jamal Khashoggi

TEMPO | 10 Desember 2018 | 18:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kata-kata terakhir Jamal Khashoggi saat dibunuh dan dimutilasi di konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober terungkap dalam rekaman audio. Seorang sumber, yang membaca transkrip terjemahan rekaman, mengatakan Jamal Khashoggi mengulangi beberapa kali kalimat "Saya tidak bisa bernafas" beberapa saat sebelum kematiannya, seperti dilaporkan dari Dailymail.co.uk, 10 Desember 2018.

Rekaman audio itu juga mengungkapkan suara mengerikan saat tubuh Jamal Khashoggi dipotong dengan gergaji, sementara ahli bedah menyuruh anggota tim lain mendengarkan musik untuk mengalihkan suara bising. Rekaman mengerikan pembunuhan Jamal Khashoggi ini membuat negara-negara dunia meragukan klaim Arab Saudi yang mengatakan bahwa pembunuhan ini adalah upaya interogasi yang gagal dan bukan eksekusi.

Diduga Jamal Khashoggi melawan para pelaku, yang sempat melakukan beberapa panggilan telepon selama penyiksaan. Panggilan telepon menunjukkan bahwa para pembunuhnya terus mengirim kabar saat pembunuhan berlangsung. Pejabat Turki mengklaim panggilan telepon dilakukan ke tokoh senior di Riyadh.

Transkrip yang dibagikan CNN, menunjukkan saat Jamal Khashoggi pertama kali memasuki konsulat untuk mengambil dokumen perceraian agar bisa menikahi tunangannya, Hatice Cengiz, yang sedang menunggunya di luar. Jamal khashoggi kemudian disuruh menghadap seorang pria yang dia kenal di konsulat. Khashoggi bertanya pada pria itu apa yang dia lakukan di sana.

Pria itu, menurut CNN, adalah Maher Abdulaziz Mutreb, mantan diplomat Saudi dan pejabat intelijen yang bekerja untuk Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman, dan diketahui Khashoggi dari waktu mereka bersama di Kedutaan Saudi di London.

"Kamu akan pulang," kata Mutreb kepada Khashoggi.

Terdengar Jamal Khashoggi berdebat dengan Mutreb dan mengatakan bahwa ada orang yang menunggunya di luar. Jamal Khashoggi diyakini telah mengatakan kepada tunangannya yang menunggu untuk menghubungi rekannya di pemerintahan Turki jika tidak kembali.

Jamal Khashoggi kemudian disuruh bertemu dengan beberapa orang lain, seperti yang terlansir di transkrip rekaman. Para pejabat Saudi menyatakan dia secara tidak sengaja tercekik sampai mati, dan berdasarkan rekaman Khashoggi sempat mengatakan "Saya tidak bisa bernafas" beberapa kali.

Transkrip mencatat bahwa Jamal Khashoggi menjerit dan terengah-engah sebelum tewas dan tubuhnya kemudian digergaji. Satu-satunya nama yang disebutkan dalam transkrip adalah Dr Salah Muhammad al Tubaiqi, kepala kedokteran forensik di Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi. Dalam transkrip Tubaiqi menyarankan orang-orang di sekeliling untuk mendengarkan musik saat mereka memutilasi tubuh Jamal Khashoggi. Mutreb, yang memperbarui kabar kepada seseorang, kemudian berkata, "Semuanya selesai, sudah selesai."

Transkrip itu, menurut CNN, telah disebarkan ke sekutu Turki dan Arab Saudi, termasuk di Eropa, tapi hanya Amerika Serikat dan Arab Saudi yang menerima rekaman audio. Menurut salah seorang senator AS, yang ikut briefing investigasi Khashoggi bersama Direktur CIA Gina Haspel, mengatakan kepada CNN bahwa sumber dari transkrip rekaman Jamal Khashoggi sesuai dengan apa yang disampaikan selama briefing.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait