Presiden Jokowi Tetapkan 7 November sebagai Hari Wayang Nasional

TEMPO | 12 Desember 2018 | 09:30 WIB

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menetapkan 7 November sebagai Hari Wayang Nasional. Hal ini ia putuskan saat menerima perwakilan budayawan dan seniman Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, 11 Desember 2018.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid yang turut hadir bercerita bahwa Jokowi langsung meneken keputusan presiden tentang penetapan Hari Wayang Nasional saat itu juga di hadapan para tamunya. "Beliau langsung ambil suratnya dan ditandatangani di tempat penetapan hari wayang nasional," katanya.

TABLOIDBINTANG.COM - Hilmar menjelaskan penetapan 7 November sebagai Hari Wayang Nasional berasal dari usulan masyarakat. Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNESCO pada 7 November 2003 telah lebih dulu menetapkan bahwa Wayang sebagai warisan budaya dunia. "Jadi kenapa tidak dijadikan Hari Wayang Nasional," tuturnya

Dengan keputusan ini, kata Hilmar, masyarakat akan mudah dalam merayakan dan mengembangkan wayang. "Selama ini wayang tersebar di mana-mana, sekarang punya satu forum untuk mengembangkannya lebih lanjut," katanya.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait