Ajang Miss Universe 2018 Diwarnai Bullying Sesama Kontestan

TEMPO | 14 Desember 2018 | 08:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ajang Miss Universe 2018 diwarnai bullying oleh sesama kontestan. Miss Amerika Sarah Rose Summers, Miss Kolombia Valeria Morales, dan Miss Australia Francesca Hung diketahui mengolok-olok kemampuan bahasa Inggris Miss Vietnam H’Hen Nie dan Miss Kamboja Rern Sinat.

Menurut laman People, bullying itu diketahui setelah Summers, Morales, dan Hung membicarakan respons dari Nie dan Sinat setelah berbincang-bincang. Mereka membicarakan dua kontestan itu dan percakapan tersebut diunggah ke Instagram Stories Morales.

Awalnya Summers bercerita saat dia berbincang dengan Miss Vietnam H'Hen Nie. "Dia itu manis sekali dan berpura-pura memahami apa yang saya bicarakan. Dan setelah percakapan panjang lebar lalu kamu menanyakan sesuatu kepadanya, dia akan tersenyum manis, mengangguk, dan pergi meninggalkanmu," kata Summers sembari menirukan senyum dan anggukan Nie.

Morales kemudian meminta Summers mengulangi respons Nie ketika diberi pertanyaan. Tanpa ragu, kontestan asal Amerika itu memberikan senyum dan anggukan lalu memalingkan kepalanya. Mereka bertiga pun tertawa.

Dalam postingan itu, Summers juga menceritakan bagaimana Miss Kamboja, Rern Sinat tidak berbicara dalam bahasa Inggris. "Kamu bisa bayangkan itu? Francesca bilang ini akan membuat dia seperti terisolasi. Saya setuju dengan pendapat itu," ucap Summers.

Setelah video tersebut viral, Summers lalu meminta maaf di Instagram. Dia menyebut Miss Universe adalah kesempatan untuk belajar dan mengenal budaya, pengalaman, serta latar belakang setiap peserta yang berbeda.

"Saya mengagumi keberanian saudari-saudari saya di sini. Saya sadar mungkin ada ucapan saya dianggap tidak menghormati, dan saya minta maaf untuk itu. Saya tidak bermaksud menyakiti siapapun," tulis Summers. "Saya bersyukur atas kesempatan untuk berbicara dengan Miss Kamboja Rern Sinat dan Miss Vietnam H'Hen Nie."

Adapun ajang Miss Universe 2018 dilaksanakan di Thailand. Final kontes kecantikan ini berlangsung pada Minggu, 16 Desember 2018.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait