Mesin Mobil Ini Masih Menyala Meski 6 Bulan Tenggelam di Danau

TEMPO | 3 Januari 2019 | 13:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bengkel Garage 54 yang berbasis di Rusia membuktikan bahwa mesin mobil Lada Niva masih bisa bekerja dengan baik meski sempat terendam di dalam danau selama 6 bulan. Padahal mobil itu juga melewati musim dingin dengan air danau yang membeku.

Bisa dikatakan mobil Lada Niva buatan Rusia ini sudah tak berbentuk. Atap ringsek. Interio berantakan penuh lumpur. Mekanik di Garage 54 tidak peduli dengan penampilan Lada, karena mereka hanya ingin melihat apakah mesin mobil masih bisa menyala.

Mesin mobil ini bagian luarnya penuh lumpur. Saat mobil diangkat dan mesin berusaha dihidupkan dengan accu baru, air campur oli muncrat dari lubang busi. Para mekanik harus melepaskan busi dan memutar engkol untuk memompa air keluar dari dalam silinder. Oli diganti dengan baru. Karburator dibongkar dan dibersihkan. Busi diganti baru, lalu kabel busi dibersihkan dengan kompresor. Hebatnya, sistem pengapian cukup kuat untuk menghasilkan percikan di busi setelah mengeringkannya. 

Setelah mekanik bekerja sekitar satu jam, mesin mobil itu bisa kembali hidup. Sistem pengiriman bahan bakar yang ditembak dengan memasang tangki bensin sementara dari botol plastik sempat tersendat. Tapi usaha itu tidak benar-benar bekerja maksimal. Mesin mobil beberapa kali kembali mati setelah menyala beberapa saat.

Setelah sistem pengisian bahan bakar diperbaiki, mesin Lada kembali menyala dan bisa bekerja dengan baik. Jika atap yang remuk dipotong, tim Garage 54 mungkin dapat mengubahnya menjadi mobil off road.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait