Viral di Media Sosial, Ini Penjelasan Kepala Bekraf Soal IKKON-TOL

TEMPO | 4 Januari 2019 | 08:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf, menjelaskan soal program IKKON-TOL yang digagas lembaganya.

Triawan merasa perlu menjelaskan program tersebut karena belakangan sebuah video yang berisi wawancaranya berkembang viral di sejumlah media sosial dan ramai dibicarakan masyarakat. Nama program IKKON-TOL sempat dicetuskan Triawan dalam wawancara telepon bersama salah satu stasiun televisi pada Selasa, 1 Januari 2019.  

"Itu program IKKON atau Inovasi, Kreativitas, Kolaborasi Nusantara khusus untuk daerah-daerah yang dilewati tol, yang secara spontan pada saat wawancara itu saya kasih istilah IKKON-TOL," kata Triawan melalui pesan singkat kepada Tempo, Kamis, 3 Januari 2019.

Mulanya, kata Triawan, ia sedang membahas soal pemanfaatan jalan tol untuk pemasaran produk-produk ekonomi kreatif berkualitas dari daerah-daerah yang dilintasi jalan tol seperti Trans Jawa. Dengan demikian, keberadaan Infrastruktur jalan tol selain melancarkan perjalanan antar kota dan wilayah juga dapat berkontribusi positif kepada kesejahteraan masyarakat setempat.

Lantas Triawan menyebut salah satu program Bekraf, yaitu IKKON. Berdasarkan situs resmi Bekraf, IKKON adalah program yang menempatkan sekelompok pelaku kreatif pada suatu wilayah di Indonesia yang bertujuan untuk mendorong dan membantu pengembangan potensi ekonomi kreatif lokal.

"Program IKKON itu program Bekraf untuk mengembangkan potensi daerah yang sudah berjalan selama lebih dari 3 tahun ini," kata Triawan. Pada saat itu pula secara spontan ia menyebut program IKKON khusus jalan tol itu dengan istilah 'IKKON-TOL'.

Setelah IKKON-TOL yang disebut Triawan itu viral di masyarakat, belakangan ia berpikir untuk mengubah nama program tersebut. "Mungkin akan lebih tepat diberi nama IKKON Jalan Tol," ujarnya.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait