Pilot Ini Kena Skorsing karena Bawa Istri Masuk Kokpit Saat Terbang

TEMPO | 11 Januari 2019 | 16:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hukuman dan denda diberikan maskapai dari Cina, Donghai Airlines pada seorang pilot karena mengizinkan istrinya masuk ke dalam kokpit atau ruang kemudi pesawat. Pilot itu diketahui dengan nama Chen yang membawa istrinya ke ruangan kokpit saat melakukan dua kali penerbangan pada 28 Juli 2017.

Dalam penerbangan pertama pesawat berangkat dari Kota Nantong, transit di Kota Zhengzhou, lalu berhenti di Kota Lanzhou, Cina. Pada hari yang sama, dilakukan penerbangan kedua berangkat dari Kota Lanzhou ke Kota Beijing, Cina.

Sebenarnya pilot itu telah membelikan tiket pesawat untuk istrinya dari Kota Nantong ke Kota Zhengzhou, tapi ia membawa istrinya ikut saat penerbangan ke Beijing.  Donghai Airlines tidak memberikan penjelasan lebih lanjut berapa lama istri pilot itu menghabiskan waktu di dalam ruang kokpit. Namun dipastikan tindakan Chen itu dinilai telah melanggar prosedur operasi dan regulasi keamanan udara. 

"Chen menyalahgunakan haknya sebagai pilot, mengabaikan aturan dan melawan teguran orang lain," tulis Donghai Airlines dalam akun Weibo mereka. 

Donghai Airlines juga menyatakan akan meningkatkan keamanan untuk mencegah insiden seperti ini terjadi lagi. Chen dikenakan hukuman skorsing selama enam bulan dan kualifikasinya sebagai instruktur penerbangan dengan perusahaan dicabut. Juga dikenakan denda sebesar 12.000 yen atau sekitar Rp 1,5 juta atas pelanggaran yang ia lakukan.

Hukuman juga diberikan kepada co-pilot yang bernama Wang dan Zhao dengan penghentian tugas sementara 15 hari dan denda sebesar 6000 yen atau Rp 779 ribu. Petugas keamanan penerbangan, Sun juga dikenakan denda sebesar 500 yen atau Rp 64 ribu.

Pada tahun 2011 pelanggaran serupa pernah terjadi . Setelah hilangnya penerbangan Malaysia Airlines MH370 pada 2014, perempuan asal Afrika Selatan, Jonti Roos mengatakan kepada Daily Mail ia dan seorang teman telah diajak ke kokpit oleh co-pilot MH370, Fariq Abdul Hamid dan rekannya selama penerbangan dari Phuket ke Kuala Lumpur.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait