Di Ultah Megawati, Butet Kartaredjasa Menirukan Gaya para Mantan Presiden

TEMPO | 24 Januari 2019 | 02:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di ulang tahun Presiden RI ke-lima Megawati Soekarnoputri ke-72 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta pada Rabu, 23 Januari 2019, seniman Butet Kartaredjasa menjadi salah satu pengisi acara. Butet tampil membuka acara bersama pelawak Cak Lontong dan Akbar.

Butet Kartaredjasa tampil menirukan gaya khas sejumlah mantan presiden di hadapan Megawati Soekarnoputri dan Presiden Jokowi yang hadir dan duduk di barisan paling depan. Paling menarik dan menuai tawa adalah ketika Butet menirukan gaya khas Presiden RI Kedua, Soeharto. "Tolong kepada Bapak Presiden, jangan suka memancing emosi menantu saya," ujar Butet disambut tawa para undangan, bahu Jokowi terlihat berguncang-guncang dari belakang.

"Lah, kenapa begitu?" timpal Cak Lontong

"Kalau nasibnya baik, bapak nanti jadi yang paling buruk," ujar Butet dengan suara pelan. Lagi-lagi, ucapan Butet memecah tawa.

Butet juga memperagakan ucapan Bung Karno yang fenomenal, yakni, "Berikan kepadaku sepuluh pemuda, maka akan kugoncangkan dunia". Lagi-lagi, Butet memperagakan dengan gaya para mantan presiden dan bahasa yang berbeda-beda. Salah satunya dengan gaya khas Soeharto. "Beriken kepada saya sepuluh pemuda, tentu akan saya pasrahkan kepada menantu saya," ujar Butet dengan logat khas Jawa. Kalimat satir itu memecah tawa undangan yang hadir.

Menutup lakonnya Butet Kartaredjasa bergaya bak Presiden RI pertama Soekarno. Dia menyampaikan sajak khusus untuk Megawati. "Dalam darahnya, ada darahku. Dalam langkahnya, ada langkahku. Dalam dirinya, ada diriku. Jika dia menyerah, maka dia bukan diriku," ujar Butet Kartaredjasa sambil menunjuk Megawati. Sajak itu pun mengakhiri penampilan Butet yang diiringi riuh tepuk tangan para undangan.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait