Pensiun dari Bulutangkis, Liliyana Natsir Pamitan pada Presiden Jokowi

TEMPO | 29 Januari 2019 | 16:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Liliyana Natsir berpamitan dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, 29 Januari 2019. Ditemani Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, pembulutangkis Liliyana Natsir yang baru saja pensiun, berbincang dengan Jokowi. Sebelum menemui awak media, Liliyana mengajak Jokowi dan Imam berswafoto dengan ponselnya.

"Indonesia sangat kehilangan atas pensiunnya Liliyana Natsir, Butet, yang apapun bukan hanya negara kita, bukan hanya Indonesia, tapi dunia juga akan kehilangan sosok seperti Butet," kata Jokowi menanggapi pensiunnya Liliyana dari bulu tangkis.

Liliyana Natsir, kata Jokowi, telah memenangi sejumlah pertandingan bergengsi. Capaian tersebut harus dijadikan inspirasi dan nilai-nilai sebuah prestasi bagi pemain-pemain bulu tangkis yang masih junior untuk mengikuti jejak prestasi Liliyana.

Jokowi berpesan pada Liliyana Natsir yang akan menjadi aparatur sipil negara, tetap memberikan motivasi dengan berkeliling ke klub-klub atau pelatihan di daerah. "Semuanya beri motivasi apa yang harus dikerjakan, apa yang harus dilakukan dalam meraih sebuah prestasi seperti yang sudah didapat oleh Liliyana, oleh Butet," ujarnya.

Pada kesempatan itu Liliyana Natsir menyampaikan ucapan terima kasih kepada Jokowi dan Imam Nahrawi atas apresiasi terhadap pencapaiannya selama menjadi atlet. "Semoga prestasi-prestasi saya bisa memotivasi adik-adik untuk lebih berprestasi, untuk membawa nama bangsa dan negara Indonesia di kancah internasional. Yang paling penting di Olimpiade 2020 semoga tradisi medali emas tetep diteruskan," kata Liliyana.

Pebulu tangkis ganda campuran Liliyana Natsir resmi pensiun. Daihatsu Indonesia Masters 2019 menjadi penampilan terakhir Liliyana bersama Tontowi Ahmad. Hampir semua gelar juara sudah diraih Liliyana bersama pasangannya Tontowi Ahmad di cabang olahraga bulu tangkis, seperti gelar hat trick di All England pada tahun 2012, 2013 dan 2014, gelar Juara Dunia di Guangzhou 2013 dan Glasgow 2017, serta puncaknya medali emas olimpiade yang mereka idam-idamkan di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Namun hanya satu gelar yang belum diraihnya, yakni emas Asian Games.

Liliyana Natsir, sebelum berpasangan dengan Tontowi, berpasangan dengan Nova Widianto dan juga telah mempersembahkan prestasi membanggakan bagi Indonesia, diantaranya gelar juara dunia 2005 dan 2007 serta medali perak di Olimpiade Beijing 2008.


TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait