Erick Thohir Pastikan Ahok Tak Masuk Struktur TKN Jokowi

TEMPO | 10 Februari 2019 | 21:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Erick Thohir mengatakan Ahok tidak akan masuk ke dalam struktur TKN. Adapun terkait bergabungnya Ahok ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo atau Jokowi - Ma'ruf Amin, Erick Thohir mengatakan itu merupakan haknya sebagai warga negara.

Bergabungnya Ahok ke PDIP adalah hal yang wajar. Erick Thohir menyontohkan ada Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi yang mendukung Jokowi lalu memilih masuk ke Partai Golkar. Ada pula Yenny Wahid yang mendukung Jokowi tapi memilih untuk tidak masuk ke partai. Namun ia memastikan Ahok tidak ada dalam struktur TKN. "Apakah Pak BTP (Ahok) di TKN, ya tidak ada. Kan (TKN) sudah ada strukturnya," kata Erick di Hotel Pullman, Jakarta, Ahad 10 Februari 2019.

Erick Thohir menambahkan, gerakan kampanye memenangkan Jokowi - Ma'ruf bukan hanya dilakukan oleh TKN saja. Ia menyebut, ada juga kelompok-kelompok lain, seperti relawan, komunitas alumni, komunitas seniman, komunitas pengusaha, dan lainnya, termasuk partai politik.

Pemilihan presiden dan pemilihan legislatif akan digelar serentak pada Pemilu 2019. Karena pemilihannya bersamaan, menurut Erick, kedua pemilihan itu akan saling mempengaruhi. TKN, kata Erick, menginginkan semua partai politik pengusung maupun pendukung Jokowi - Ma'ruf lolos ke parlemen. Tujuannya, kata dia, agar pemerintahan nanti berjalan dengan mulus.

Erick Thohir meyakini Jokowi punya coat tail effect atau efek ekor jas yang kuat bagi partai politik pengusungnya. Sama halnya dengan pileg. Menurutnya, kader-kader parpol dapat bermanfaat bagi proses kampanye paslon 01, terutama calon legislatif. Ia meyakini caleg-caleg parpol pengusung itu akan memasang foto Jokowi pada alat peraga kampanye mereka, yang akan berujung mengerek elektabilitas Jokowi.

"Ini pertama kali pemilu bersamaan. Tentu masing-masing partai punya persaingannya sendiri. Tentu kami harapkan partai koalisi untuk menang. Karena kami tidak mau Pak Jokowi memerintah terhambat karena suara di parlemen terbatas," ujar Erick.

Ahok dikabarkan telah bergabung bersama partai berlogo banteng ini. Kabar ini disampaikan oleh Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno. "Saya mendapat info, Ahok sudah punya KTA (kartu tanda anggota). Jadi secara administratif sudah tak ada soal," ujar Hendrawan kepada wartawan di Jakarta, Jumat, 8 Februari 2019.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait