Didukung Purnawirawan TNI - Polri, Jokowi Mengaku Makin Semangat

TEMPO | 11 Februari 2019 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hari ini Jokowi yang mengadiri acara deklarasi dukungan dari purnawirawan TNI - Polri, yang tergabung dalam jejaring komunitas Cakra 19, mengaku merasa tersanjung dengan adanya dukungan dari para mantan petinggi TNI - Polri itu. "Ini adalah dukungan yang memberikan semangat pada kami berdua, untuk bekerja lebih baik lagi," kata Jokowi saat memberi sambutan, di acara yang digelar di Jakarta International Expo, Jakarta Pusat, Minggu, 10 Februari 2019.

Sekitar seribuan purnawirawan yang hadir dalam acara ini, mengenakan seragam putih bertuliskan dukungan terhadap pasangan nomor urut 01, Jokowi - Ma'ruf Amin, di pemilihan presiden 2019. Sejumlah purnawirawan TNI - Polri yang saat ini dalam dalam kabinet kerja Jokowi, seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan; Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM Wiranto; dan Kepala Kantor Staf Kepresidenen Moeldoko, juga hadir.

Luhut sempat memberikan presentasi kinerja pemerintahan selama empat tahun terakhir sebelum Jokowi tiba di lokasi. Mulai dari segi infrastruktur, ekonomi, hingga terkait keamanan negara. Luhut menegaskan selama ini pemerintah telah bekerja keras untuk memajukan Indonesia. Ia berani menjamin, karena berada dalam pemerintahan dan ikut terlibat di dalam pengambilan keputusannya. "Tak mungkin kami mengkhianati sumpah yang kami ambil saat kami jadi perwira," kata Luhut.

Deklarasi dukungan untuk Jokowi dibacakan oleh Laksamana (Purnawirawan) Arief Koeshariadi yang merupakan mantan KASAL periode 1996 - 1998. Selain Arief, ikut berdiri di panggung adalah eks Wakil Panglima TNI Jenderal (purnawirawan) Fachrul Razi, hingga eks Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal (purnawirawan) Subagyo Hadi Siswoyo. Tiga mantan Kapolri, yakni Jenderal (purnawirawan) Dai Bachtiar, Jenderal (purnawirawan) Rusman Hadi, dan Jenderal (purnawirawan) Surojo Bimantoro juga hadir. 

Dalam deklarasi itu, Arief membacakan bahwa purnawirawan TNI - Polri mendukung sosok pimpinan tauladan bersih, jujur, kerja nyata, merakyat, dan memiliki komitmen kuat untuk membangun rakyat Indonesia. "Sosok ini tercermin pada bapak Ir Joko Widodo yang sudah terbukti selama empat tahun memimpin RI yang kita cintai bersama," kata Arief.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait