Kata KPU, Petani Bawang yang Curhat ke Sandiaga Uno Mantan Komisioner

TEMPO | 12 Februari 2019 | 20:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ramai isu sosok petani bawang yang diduga anggota KPU Brebes ketika berdialog dengan calon wakil presiden Sandiaga Uno, mendapat tanggapan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Komisioner KPU Ilham Sahputra mengatakan sosok bernama M Subkhan itu merupakan mantan Anggota KPU Brebes. "Setelah kami lakukan konfirmasi ke KPU Jawa Tengah, beliau ternyata mantan anggota KPU periode lalu. Jadi bukan periode ini," ujar Ilham di kantor KPU, Jakarta, Selasa, 12 Februari 2019.

Video seorang petani bawang yang berdialog dengan Sandiaga Uno viral di media sosial. Video yang juga diunggah oleh akun resmi Sandiaga, @sandiuno itu mendapat banyak komentar dari warganet. Salah satu komentar warganet mempertanyakan bahwa sosok petani bawang itu mirip dengan anggota KPU Brebes, yakni M Subkhan. Dalam komentarnya, warganet dengan akun @SamSoegi itu menggunggah foto profil M Subkhan sebagai anggota KPU Brebes.

Anggota KPU aktif, kata Ilham, memang tidak boleh ikut berkampanye untuk peserta pemilu. Sebab, Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu mengatur seorang Anggota KPU harus netral. "Kalau anggota KPU jadi petani sih boleh. Tapi jangan berkampanye, jangan berpolitik, dan tidak boleh partisan juga," katanya.

Video percakapan Sandiaga Uno dan petani bawang yang viral berisikan salah satu safari politik Sandiaga ke daerah Brebes. Saat itu Sandiaga mengunjungi Desa Krasak, Brebes, Jawa Tengah, untuk menyapa warga dan para petani bawang. Dalam video itu, petani bernama M. Subkhan itu mengatakan harga bawang sering anjlok. Dia bertutur sampai berhutang ke Bank Puspa Kencana karena dampak anjloknya harga ini.

Dalam video itu Sandiaga Uno mengatakan sangat prihatin terhadap kondisi petani bawang ini. Mantan wakil gubernur DKI itu meminta pemerintah hadir untuk menyelesaikan hal ini. Dia juga menjanjikan akan membuat lapangan kerja seluas-luasnya lima tahun ke depan jika terpilih dalam Pilpres 2019.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait