Untuk Angkutan Umum, Tarif Tol Trans Jawa Dinilai Terlalu Mahal

TEMPO | 18 Februari 2019 | 19:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kehadiran jalan Tol Trans Jawa dirasakan memberi banyak manfaat baik untuk penumpang maupun Perusahaan Otobus (PO). Namun untuk tarif yang berlaku saat ini dirasa masih terlalu mahal untuk kendaraan komersial seperti bus.

Kurnia Lesani Adnan, Ketua Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), menyarankan angkutan umum diberi harga khusus untuk tarif tol di Trans Jawa. "Kalau saya boleh komentar tentang hal itu, semestinya untuk angkutan umum itu ada keistimewaan tarif," ujar pria yang akrab disapa Sani kepada wartawan, saat perjalanan ke Semarang dalam uji coba Bus Trans Jawa keberangkatan pagi, Kamis 14 Februari 2019:

Seharusnya, Sani berpendapat, kendaraan pribadi yang diberi beban lebih soal tarif Trans Jawa. Mengingat pernyataan pemerintah yang ingin mengalihkan masyarakat menggunakan angkutan umum. "Paling tepat memang kendaraan pribadi yang men-support cost itu. Apalagi pemerintah punya statement jelas. Ingin mengalihkan masyarakat menggunakan angkutan umum. Kalau tolnya murah, tarif bus bisa terjangkau, dan banyak orang yang ingin naik angkutan umum," katanya lagi.

Kurnia Lesani Adnan menegaskan keinginannya agar pemerintah memberikan sesuatu yang dapat mengurangi beban terkait tarif tol Trans Jawa untuk angkutan umum. "Jadi saya berharap pemerintah memberi perlakuan khusus untuk angkutan umum dalam hal tarif tol," ujar Sani. 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait