Bersama Prabowo, Sandiaga Uno Tegaskan Bakal Menumbuhkan Unicorn Baru

TEMPO | 18 Februari 2019 | 20:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sandiaga Uno, bersama Prabowo Subianto, kembali menegaskan komitmennya dalam pengembangan perusahaan unicorn jika terpilih sebagai presiden dan wakil presiden di pilpres 2019. "Saya sampaikan bahwa kami harus meng-create unicorn, perusahaan start-up, dan itu sudah menjadi komitmen kami," kata Sandiaga Uno pada wartawan di media center BPN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin, 18 Februari 2019.

Dia lalu merujuk pernyataan Prabowo soal unicorn yang ia nilai menarik. Merujuk pernyataan Prabowo, Sandiaga berujar bahwa kehadiran unicorn harus diperhatikan secara hati-hati dan seksama di negara ini. Kehadiran perusahaan unicorn, katanya, harus dipastikan memberi keuntungan dan kemaslahatan rakyat Indonesia. "Yang disinyalir, unicorn-unicorn ini karena membutuhkan modal yang sangat besar, akhirnya menggunakan modal asing, kepemilikan itu oleh investor-investor luar negeri yang sangat besar," tutur Sandiaga Uno.

"Pak Prabowo menyampaikan, kalau unicorn ini besar, dan kepemilikannya bukan dimiliki oleh orang dalam negeri, maka nanti devidennya mengalir ke luar negeri. Dan ini mempercepat kesenjangan dan ketimpangan investor dalam negeri, terhadap aset-aset bangsa yang menguasai lini-lini penting dalam sektor teknologi digital atau fintech," ujarnya.

Kata Sandiaga Uno, empat unicorn besar di Indonesia, yaitu Bukalapak, Tokopedia, Gojek, dan Traveloka. "Kalau kita bedah, ini sudah menjadi pembahasan teman-teman media, kan ini investor asing yang menguasai," kata Sandiaga Uno. "Mereka harus lebih bermanfaat bagi penciptaan lapangan kerja buat kita, harus kita pastikan juga unicorn ini meningkatkan efisiensi peningkatan ekonomi kita."

Pembicaraan soal unicorn mencuat setelah Prabowo Subianto saat debat pilpres semalam berpendapat pengembangan bisnis rintisan berpredikat unicorn bisa memuluskan aliran duit dari dalam negeri ke luar negeri. "Kalau ada unicorn-unicorn, ada teknologi hebat, saya khawatir ini nanti mempercepat uang-uang kita lari ke luar negeri, ini yang saya khawatirkan," ujar Prabowo dalam Debat Calon Presiden di Hotel Sultan.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait