Heboh Istilah Unicorn, Kaesang dan Gibran Ikut-ikutan Mencuit

TEMPO | 18 Februari 2019 | 21:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hari ini sosial media Twitter ramai membahas mengenai unicorn, bahkan muncul tagar #02GagapUnicorn. Tagar ini ramai diperbincangkan warganet usai debat calon presiden kedua yang digelar di Hotel Sultan, Ahad 17 Februari 2019.

Dalam acara debat semalam Prabowo Subianto ditanya oleh lawannya, Jokowi, tentang strategi dalam mendukung kemajuan unicorn di Indonesia. "Infrastruktur apa yang akan bapak bangun untuk mendukung pengembangan unicorn-unicorn di Indonesia," tanya Jokowi saat debat di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu, 17 Februari 2019. Prabowo balik bertanya. "Yang Bapak maksud unicorn, unicorn, maksudnya yang apa itu, yang online-online itu," kata Prabowo. Mendengar ucapan Prabowo, Jokowi hanya mengangguk-angguk saja.

Momen inilah yang menjadi awal perbincangan mengenai unicorn oleh warganet. Tak hanya menimbulkan perbincangan yang ramai lewat hadirnya tagar #02GagapUnicorn, jagad maya juga dibanjiri dengan berbagai meme atau mim seputar momen tersebut. Ramainya pembahasan mengenai unicorn tersebut pun memicu dua anak Presiden Joko Widodo, yakni Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabumi untuk ikut berkomentar. Lewat akun twitter masing-masing, keduanya melontarkan pernyataan mengenai unicorn yang ikut ditanggapi oleh warganet dan para pendukunya.

"DALAM 5 TAUN KEDEPAN, SANG PISANG AKAN JADI STARTUP PISANG UNICORN," cuit akun twitter miliknya @kaesangp. Hingga Senin siang, 18 Februari 2019, cuitan anak bungsu Jokowi ini telah diretweet sebanyak 6.015 akun, disukai oleh 9.932 akun dan dibalas oleh 961 akun.

Cuitan Kaesang itu dikomentari oleh banyak netizen. Salah satu yang ikut mengomentari salah satu akun resmi milik PT Bursa Efek Indonesia atau BEI. "Kalo jadi startup unicorn, bisa buka 1 outlet dong di gedung BEI. Biar kita2 ga perlu jauh2 lagi utk beli (emotiken ketawa hingga mengeluarkan air mata)," cuit akun bernama @IDX_BEI tersebut.

Putra pertama Jokowi, Gibran juga ikut meramaikan pembahasan mengenai unicorn. Melalui akun twitternya, @Chilli_Pari membalas cuitan akun bernama @ekafaizal yang sempat menuliskan tagar soal #UninstallJokowi. "Situ tahu unicorn ndak?" kata Gibran membalas cuitan milik @ekafaizal. Cuitan Gibran itu hingga Senin siang, 18 Februari 2019, telah mendapat retweet sebanyak 3.595 akun, disukai oleh 4.177 akun dan dibalas oleh 981 akun.

Tagar #UninstallJokowi sempat ramai setelah Bos Bukalapak, Ahmad Zacky melontarkan pernyataan yang dianggap kontroversial mengenai sumbangan dana research and development di Indonesia dan menyinggung presiden baru.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait