BPN Prabowo Yakin Jokowi Tak Bakal Menang di Jawa Barat

TEMPO | 22 Februari 2019 | 16:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Andre Rosiade Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto - Sandiaga Uno, yakin pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin tak akan menang di Jawa Barat. Andre meyakini masyarakat Jawa Barat ingin perubahan.

"Kami sangat yakin masyarakat Jabar ingin perubahan, meskipun pak Jokowi bagi-bagi sembako di sana, kami yakin masyarakat Jabar ingin perubahan, bukan ingin sembako," kata Andre Rosiade saat dihubungi, Jumat, 22 Februari 2019.

Andre Rosiade menambahkan, masyarakat Jawa Barat ingin perubahan yang ditandai dengan pertumbuhan ekonomi, lapangan pekerjaan yang terbuka, dan harga bahan-bahan pokok yang terjangkau. "Itu yang diinginkan masyarakat. Bukan hanya sembako sesaat. Jangan lagi suara kita mau dibeli oleh sembako sesaat atau amplop, habis itu kita menyesal selama 5 tahun," ujarnya.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi - Ma'ruf sebelumnya mengatakan bahwa kubu Prabowo - Sandiaga telah melakukan kesalahan fatal dengan masuk ke Jawa Tengah. Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto mengatakan, dengan upaya Prabowo mengambil alih kandang banteng itu, TKN mengklaim sudah berhasil merebut basis wilayah Prabowo yakni Jawa Barat. "Kami telah mengubah peta, sehingga Jabar kini menjadi Rumah Jokowi Ma'ruf Amin," ujar Hasto Kristiyanto lewat keterangannya pada Kamis, 14 Februari 2019.

Hasto mengatakan, pendukung Jokowi di Jawa Tengah tetap solid dengan soliditas yang tinggi di internal. Di Jawa Barat, ujarnya, telah terjadi pergeseran peta politik. "Survei internal kami bahkan menempatkan elektabilitas Jokowi-Maruf Amin di Jabar mencapai 52,4 persen," ujarnya.

Survei teranyar Indopolling Network juga menunjukkan elektabilitas Jokowi – Ma’ruf Amin mengungguli pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno di Jawa Barat. Elektabilitas Jokowi – Ma’ruf sebesar 41,7 persen, sementara Prabowo - Sandi sebesar 37,9 persen. Sisanya, 20,4 persen belum menentukan pilihan. “Jawa Barat makin seru, karena Prabowo menang signifikan di Jabar pada 2014 lalu. Sekarang mengalami penurunan yang cukup tajam,” ujar Direktur Eksekutif Indopolling Network Wempy Hadir kepada Tempo pada Jumat, 15 Februari 2019.

Pasangan Prabowo- Hatta unggul dengan perolehan suara 59,78 persen pada pemilihan presiden 2014 lalu. Sementara pasangan Jokowi-Jusuf Kalla mendapat suara 40,22 persen. Tergerusnya dukungan Prabowo di Jawa Barat, Wempy menjelaskan, tak terlepas faktor kepuasan yang cukup tinggi atas kinerja pemerintahan Jokowi.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait