Kubu Prabowo Menilai Penghadangan Sandiaga Uno Bukti Kuasai Jawa Tengah

TEMPO | 22 Februari 2019 | 20:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Gempuran kubunya untuk meraup suara di Jawa Tengah membuahkan hasil, kata Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto - Sandiaga Uno, Andre Rosiade. Pernyataan ini diucapkan Andre merespons komentar Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo atau Jokowi - Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto yang mengatakan pendukung 01 di Jawa Tengah tetap solid dengan soliditas yang tinggi di internal.

"Kalau tidak berhasil, tidak akan ada penghadangan di mana-mana. Kalau enggak berhasil tentu enggak ada yang panik dan menghadang, sederhana saja logikanya," kata Andre saat dihubungi, Jumat, 22 Februari 2019.

Penghadangan yang dimaksud adalah yang dialami Sandiaga Uno dalam beberapa safari politiknya di Jawa Tengah. Sandiaga memang acap kali diteriaki massa pendukung Jokowi saat berkampanye di Jawa Tengah. Dalam kunjungan Sandiaga di Wonogiri 28-29 Januari 2019 lalu misalnya, beberapa kali ia diteriaki puluhan pendukung Jokowi di pertigaan Eromoko dan pasar Bung Karno. Menanggapi teriakan-teriakan itu, Sandiaga Uno mengaku tak terprovokasi sama sekali.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi - Ma'ruf sebelumnya mengatakan bahwa kubu Prabowo - Sandiaga telah melakukan kesalahan fatal dengan masuk ke Jawa Tengah. Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto mengatakan, dengan upaya Prabowo mengambil alih kandang banteng, TKN mengklaim sudah berhasil merebut basis wilayah Prabowo, yakni Jawa Barat. "Kami telah mengubah peta, sehingga Jabar kini menjadi Rumah Jokowi Ma'ruf Amin," ujar Hasto Kristiyanto lewat keterangannya pada Kamis, 14 Februari 2019.

Hasto mengatakan, pendukung Jokowi di Jawa Tengah tetap solid dengan soliditas yang tinggi di internal. Sementara di Jawa Barat, ujarnya, telah terjadi pergeseran peta politik. "Survei internal kami bahkan menempatkan elektabilitas Jokowi-Maruf Amin di Jabar mencapai 52,4 persen," ujarnya.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait