Usai Bertemu Presiden Jokowi, Buruh Migran Siti Aisyah Bungkam

TEMPO | 12 Maret 2019 | 19:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Buruh migran yang diadili di pengadilan Malaysia dalam perkara pembunuhan saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Siti Aisyah, memilih bungkam usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta. Keluarganya pun berekasi serupa kala sejumlah media hendak mewawancarainya.

Hari ini Siti Aisyah dan tiga keluarganya tiba di Kompleks Istana Kepresidenan sekitar pukul 13.30. Keempatnya mendapat pengawalan khusus dari pihak kepolisian. Mereka baru bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka sekitar pukul 14.22 dan selesai 15 menit kemudian. Meski media terus mengejarnya keempatnya kompak tutup mulut hingga masuk ke dalam kendaraan dan berlalu.

Pemerintah Indonesia, kata Presiden Jokowi, bersyukur setelah Pengadilan Tinggi Shah Alam, Malaysia, membebaskan Siti Aisyah usai jaksa menarik tuntutan tanpa memberi alasan. "Alhamdulillah kami patut bersyukur bahwa Siti Aisyah sudah dapat terbebas dari ancaman hukuman yang sangat berat dan sudah bisa berkumpul kembali dengan keluarganya, bapak, ibunya, dan kakaknya," kata Jokowi, di Istana Merdeka Selasa, 12 Maret 2019.

Pembebasan Siti Aisyah, kata Presiden Jokowi, tak lepas dari perhatian pemerintah. Pemerintah telah memberikan bantuan hukum sejak Aisyah ditangkap dua tahun lalu. "Ini adalah wujud kepedulian pemerintah terhadap warganya."

Kasus yang menimpa Siti Aisyah bermula saat bersama seorang warga Vietnam, Doan Thi Huong, diadili atas tuduhan terlibat dalam pembunuhan Kim Jong Nam dengan mengoleskan cairan kimia saraf VX ke tubuh dan wajah Kim Jong Nam di bandara internasional Kuala Lumpur pada 13 Februari 2017. Keduanya telah membantah dan mengatakan mereka hanya diajak seseorang untuk tampil di acara reality show di bandara udara internasional Kuala Lumpur. Dalam acara itu keduanya diminta mengoleskan cairan yang mereka tidak ketahui ke wajah Kim Jong Nam. Hanya beberapa menit kemudian, Kim Jong Nam tewas akibat cairan yang belakangan diketahui racun saraf VX.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait