BPN Prabowo - Sandi Siapkan Aplikasi untuk Para Saksi di TPS

TEMPO | 25 Maret 2019 | 21:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dalam pilpres 2019 Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo - Sandiaga menyiapkan aplikasi untuk para saksi di Tempat Pemungutan Suara (TPS). BPN Prabowo terus melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi yang ditanamkan di telepon pintar itu.

Neno Warisman, Wakil Ketua BPN Prabowo-Sandiaga, mengatakan aplikasi itu dibangun oleh para relawan. "Karena kualitasnya bagus, maka BPN Prabowo-Sandiaga memutuskan untuk menggunakan aplikasi ini," katanya saat ditemui di Solo, Senin 25 Maret 2019.

Aplikasi yang bisa digunakan di telepon pintar berbasis Android dan iPhone itu bernama Relawan Kawal TPS (Rekat) Indonesia. Neno mengatakan, aplikasi tersebut memiliki tiga fungsi utama, yaitu menggalang relawan, mengawal penghitungan, dan menjadi bukti digital yang valid bagi suara Prabowo-Sandi. Aplikasi itu, menurutnya, sangat penting digunakan oleh para relawan. "Terlebih untuk para saksi di TPS," katanya. Melalui aplikasi itu, para saksi bisa mendata seluruh aktivitas pemilihan dengan data yang tersimpan dalam telepon dan mampu terkirim secara otomatis.

"Aplikasi ini bisa digunakan dalam kondisi offline atau tidak ada jaringan," katanya. Aplikasi tersebut bisa digunakan di daerah-daerah yang terpencil. Saat telah menemukan jaringan, aplikasi itu secara otomatis akan mengirimkan data dari telepon ke pusat server. Kemampuan aplikasi itu juga dinilai mumpuni untuk mendukung aktivitas hitung cepat maupun hitung nyata. Sebagai langkah pengaman, pengguna harus mendaftar terlebih dahulu untuk diverifikasi.

Kasum Musyafa, aktivis Relawan Kawal TPS (Rekat) Solo, mengatakan bakal segera menyiapkan para saksi untuk dilatih menggunakan aplikasi tersebut. "Pada dasarnya penggunaan aplikasi ini tidak sulit," katanya. Kecanggihan aplikasi itu juga bisa mencegah terkirimnya dua data yang sama dari relawan atau saksi yang berbeda. "Sistem akan menyaring sehingga hanya salah satu data saja yang masuk," katanya. Menurut Kasum, sistem itu akan membuat penghitungan suara yang dilakukan melalui aplikasi akan sangat akurat.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait