Jusuf Kalla Terima Limpahan Tugas Saat Jokowi Jalani Kampanye Terbuka

TEMPO | 26 Maret 2019 | 17:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan telah menerima limpahan tugas-tugas Presiden Jokowi, yang sedang menjalani kampanye terbuka selama tiga pekan sebagai calon presiden inkumben. "Kalau tugas-tugas bisa dialihkan, sementara ini kan semua acara-acara saya yang hadiri," kata Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa, 26 Maret 2019.

Tapi tak semua tugas bisa dialihkan kepada Jusuf Kalla. Hanya kewenangan Presiden yang tidak bisa diambil alih. Selebihnya, tugas di Ibu Kota, seperti rapat-rapat, akan ditangani JK selama Jokowi aktif berkampanye. JK tidak ada situasi yang berbeda ketika harus mengambilalih tugas Jokowi pada masa kampanye. Ia mengatakan kondisi itu sama saja jika Jokowi sedang di luar kota. "Maka hal-hal yang umum, biasa-biasa itu, biasanya dialihkan kepada saya."

Kampanye terbuka Pemilihan Umum atau Pemilu 2019 dimulai Minggu, 24 Maret hingga 13 April 2019. Sejak 14 April atau tiga hari menjelang pencoblosan, KPU menetapkan masa tenang. Jokowi mengawali kampanye terbukanya di Serang, Banten.

Berdasarkan hasil survei Kompas, di Provinisi Banten dan Jawa Barat, pasangan nomor 01 ini kalah oleh pasangan Prabowo - Sandiaga Uno. Di dua provinsi itu Prabowo - Sandiaga mengungguli Jokowi - Ma'ruf dengan angka 47,7 persen, sedangkan Jokowi - Ma'ruf hanya 42,1 persen. Dari Banten, Jokowi berkampanye terbuka di sejumlah daerah di Jawa Timur. Kemudian dilanjutkan dengan daerah Riau pada hari ini, 26 Maret 2019.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait