Ikon Bersejarah Paris, Gereja Katedral Notre Dame Terbakar

TEMPO | 16 April 2019 | 11:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Gereja Katedral Notre Dame di kota Paris, Prancis terbakar Senin sore, 15 April 2019. Aparat penegak sedang menyelidiki penyebab kebakaran hebat di gereja yang pendiriannya dimulai pada abad 11.

Jilatan api dan asap pekat tampak dari dalam gedung Katedral yang saat itu sedang bersiap untuk mengadakan ibadah misa. Polisi Paris mengeluarkan pernyataan melalui akun Twitter mengenai kebakaran di Katedral. "Notre Same sedang terbakar. Hindari area dan fasilitas jalur kendaraan bantuan darurat dan polisi @prefpolice."

Dalam waktu singkat, foto-foto Katederal Notre Dame terbakar bermunculan di Twitter. Pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang menjilati bangunan bersejarah itu Presiden Prancis Emmanuel Macron menunda acaranya untuk berpidato begitu mengetahui Katedral Notre Dame terbakar.

"Notre Dame di Paris terbakar. Seluruh bangsa merasakan emosi. Berduka untuk semua umat Katolik dan untuk semua warga Prancis. Seperti semua warga negara kami, saya sedih malam ini melihat sebagian dari diri kita terbakar," kata Macron melalui akun Twitter.

Seorang saksi mata menuturkan teman sekamarnya memberitahunya untuk melihat apa yang terjadi di luar. Kesedihan luar biasa ujarnya setelah tahu bahwa yang terbakar itu Katedral Notre Dame. "Teman sekamar saya memintaku melihatnya. Saya tidak yakin kapan itu dimulai. Saya benar-benar tidak yakin apa yang terpikirkan. Sangat menyedikan melihat ini terjadi pada monumen ikonik. Api perlahan menyebar ke atap. Saya benar-benar masih tidak yakin apa yang terjadi," katanya via Twitter.

Seorang saksi mata lain menuturkan dirinya sedang di satu kafe dekat Katedral Notre Dame ketika dia mulai mencium bau asap. "Bartender mengatakan Notre Dame terbakar, jadi saya pergi dan menyakiskan gambar mengerikan ini. Ini mengerikan. Ini simbol Paris. Saya sedih. Saya tidak tahu mau berkata apa lagi," kata Bukalski seperti dikutip dari CNN.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait